}
Avozilla, Alpukat Raksasa dari Afrika Selatan
Fakta

Avozilla, Alpukat Raksasa dari Afrika Selatan

by Intern
Thu, 02-Aug-2018

Commuters, alpukat merupakan buah yang sering digunakan sebagai bahan campuran makanan atau minuman. Buah yang banyak digemari karena kaya manfaat ini biasanya memiliki ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Namun, tahukah Commuters bahwa ada alpukat raksasa bernama avozilla?

Berbeda dengan alpukat pada umumnya, avozilla berukuran lima kali lebih besar daripada alpukat biasa. Beratnya dapat mencapai 1,2 kilogram atau setara dengan empat buah alpukat biasa. Jenis alpukat jumbo ini berasal dari Afrika Selatan. Keluarga Groves, petani asal Queensland yang menanam buah-buahan tropis sejak 1957 adalah orang pertama yang membawa varietas alpukat ini ke Australia.  

“Ada sebuah kejutan ketika Anda mengambil avozilla karena ukurannya yang sebesar kepala,” ujar Ian Groves dilansir dari Daily Mail Australia.

Groves mengatakan, avozilla memiliki rasa yang sama seperti alpukat biasa. Menurutnya, peningkatan ukuran alpukat tidak akan mengurangi rasa buah, melainkan teksturnya menjadi lebih lembut.

Keluarga Groves telah mengembangbiakkan 400 pohon avozilla sejak 10 tahun yang lalu. Ini adalah tahun pertama Groves memanen avozilla. Hasil panen tersebut kemudian dikirim Groves ke toko bahan makanan di Brisbane, Sydney, Adelaide, dan Perth.

Menurut Groves, menanam avozilla bukanlah proses yang sederhana. Mereka harus mendapatkan izin dan membayar royalti kepada perusahaan pengembang avozilla di Afrika Selatan. Selain itu, menanam avozilla juga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tahap pemanenan.

Sejauh ini, avozila terbesar yang pernah ditemukan memiliki berat 1,73 kilogram. Satu buah avozilla dibanderol dengan harga 12 dollar.

“Paling besar yang pernah saya timbang adalah 1,73 kilo,” ujar Cameron Perna, manajer buah tropis dan eksotis di Mercer Mooney. [][teks @amuspitsari | foto thenewdaily.co.au & simplemost.com]