}
Kaum Padang Pasir
Fakta

Kaum Padang Pasir

by Pohan
Thu, 16-Jul-2015

Bedouin atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia disebut Badui adalah sebuah kelompok etnis Arab yang tinggal di gurun. Datanglah ke Dakhla Oasis, di sana ada kaum Badui. Menariknya, kehidupan mereka masih dekat dengan tradisi dan cara lama. Inilah fakta kaum padang pasir itu:

Tenda

Kaum Badui tinggal di tenda yang ditenun dari bulu kambing. Saat hujan, air tidak akan masuk ke tenda mereka. Pada musim panas, di luar tenda terasa sangat panas, namun di dalamnya tetap nyaman. Pada musim dingin, di luar tenda dingin, namun dengan menyalakan api kecil, tenda tetap hangat dan nyaman.

Musik

Bagi mereka, suara dan tepuk tangan jadi semacam musik. Nyanyian membuat para tamu merasa kuat dan tidak kesepian berada di gurun. Menariknya, ada juga banyak lagu untuk unta yang dipercaya bisa membuat mereka bahagia dan kuat. Badui bermain gendang dan samsomeja [mirip dengan gitar barat]. Mereka merasa senang dengan mempertahankan tradisinya.

Makanan

Karena sulit membawa buah-buahan segar dan sayuran ke padang pasir, kaum Badui lebih memilih makanan sederhana. Misalnya, beras dan tepung sebagai bahan dasar makanan. Bagi mereka,   beras dan tepung lebih mudah dibawa. Jadi, tak heran mereka memilih roti sebagai menu utama karena dibuat baru setiap hari. Roti yang terbuat dari tepung, air dan sedikit garam biasanya dimasukkan ke dalam sup atau susu panas pada pagi hari.

Penginapan

Badui sangat senang bila seorang tamu singgah di rumah mereka. Mereka menganggap tamu datang dari Tuhan, yang disebut Dayf Allah, artinya ia tidak akan pernah membayar apapun yang dia butuhkan. Tamu biasanya disajikan minuman teh mint segar untuk duduk bersama dan berbincang.

Busana

Kaum Badui biasanya mengenakan pakaian khas, yakni: galabeya atau gaun panjang. Kaum laki-laki suku ini pun biasa memakai syal atau tau penutup kepala  untuk melindungi kepala dari matahari/angin dingin. Mereka memakainya dengan banyak gaya, cara, dan warna yang berbeda.[][teks @pohanpow | sumber & foto dakhlabedouins.com]