}
Belut Moray Punya Gigi Seperti Alien
Fakta

Belut Moray Punya Gigi Seperti Alien

by Pandu
Mon, 27-Jul-2015

Belut Moray merupakan yang terbesar di keluarga belut. Mereka biasanya hidup di arus laut yang hangat. di antara celah koral, Belut Moray bersembunyi, menunggu ikan yang lengah. Dan hap, langsung mereka lahap.

Belut ini lebih jinak ketimbang belut listrik Sungai Amazon, selama ia tidak merasa terganggu. Gigitan belut ini bisa membuat lengan tak mampu mengangkat sendok selama sebulan lho!

Selain itu masih ada fakta lain tentang Belut Moray ini, misalnya:

1. Panjang Belut Moray bisa mencapai 1,5 meter sampai 4,5 meter. Usia mereka dari 6 sampai 15 tahun tergantung ekosistem koral tempat mereka tinggal.

2. Seringkali orang awam menyangka Belut Moray adalah ular. padahal mereka tidak termasuk dalam reptil. Belut Moray sebetulnya termasuk keluarga ikan.

3. Warna Belut Moray beragam dari hitam, kuning, sampai hijau lumut. Yang pasti, bagian bawah tubuh mereka selalu berwarna kelabu.

4. Makanan utama Belut Moray adalah ikan, gurita, cumi-cumi, udang, kepiting, dan kerang. Hmm, mereka pasti mengidap kolesterol tinggi.

5. Belut Moray punya cuma dua seri gigi taring persis alien. Bagian depan untuk mencengkram mangsa. Di dekat kerongkongan untuk mencabik-cabiknya.

6. Predator utama Belut Moray adalah hiu dan barracuda. Padahal manusia saja takut sama belut ini.

7. Ketika kawin, Belut Moray betina bisa mengeluarkan 10.000 sel telur yang akan dibuahi oleh pejantan.

8. Telur yang menetas mengeluarkan larva yang akan berenang seperti plankton selama setahun, sampai punya panjang yang cukup untuk bisa dewasa.

9. Di masa larva itu cuma sedikit Belut Moray yang bisa bertahan. Sebagian besar disantap oleh predator besar. [][teks @HaabibOnta | foto Wikipedia]