}
Fakta Cleopatra
Fakta

Fakta Cleopatra

by Pohan
Mon, 03-Aug-2015

Cleopatra lahir pada 69 SM. Ia bukan saja cantik, tapi juga berkuasa. Satu yang tidak terbantahkan: Cleopatra adalah seorang ratu asmara. Berbagai kisah menuliskan sang ratu berhasil memikat kaisar Romawi, Julius Caesar dan penggantinya Mark Antony.

Berikut beberapa fakta menarik Cleopatra:

1. Meskipun orang terakhir dari para Firaun Mesir, Cleopatra sebenarnya keturunan Yunani. Dia adalah bagian dari dinasti Ptolemaic yang memerintah Mesir setelah penaklukan Alexander Agung.

2. Sebenarnya dia adalah Cleopatra VII, namun orang mengenalnya sebagai Cleopatra. Ada enam orang lain di dinasti Ptolemaic yang bernama depan Cleopatra. Satu dari sekian banyak fakta Cleopatra yang pasti mutlak: Cleopatra VII membuat nama untuk dirinya sendiri.

3. Ketika Cleopatra berusia 18 tahun, dia harus berbagi kekuasaan dengan adiknya, Ptolemy XIII yang saat itu baru berusia 10 tahun. Bayangkan, seorang gadis remaja dan adik laki-lakinya diberi kekuasaan untuk menguasai negara secara keseluruhan.

4. Setelah berkuasa selama 3 tahun, Cleopatra dijatuhkan dari kekuasaan dan dikirim ke pengasingan. Adiknya, Ptolemy XIII menjadi penguasa tunggal. Cleopatra dipaksa keluar dari kekuasaan Alexandria. Cleopatra berusaha memberontak namun gagal dan harus meninggalkan Mesir.

5. Banyak buku yang menuliskan tentang Cleopatra. Bahkan dia menjadi inspirasi bagi sejumlah karya seni. Antony and Cleopatra karya William Shakespeare adalah salah satu karya seni paling terkenal yang menampilkan Cleopatra.

6. Cleopatra berhasil menyatukan kekaisaran Mesir dan Romawi karena hubungannya dengan Mark Antony. Banyak fakta Cleopatra berkaitan dengan kelihaiannya untuk menggunakan keindahan yang luar biasa baginya untuk mencapai yang diinginkannya. [][teks @pohanpow | sumber & foto interesting-facts.com, desktopwallpapers4.me, pinterest.com]