}
Mengenal Sandi dalam Pramuka
Fakta

Mengenal Sandi dalam Pramuka

by Yogira
Fri, 14-Aug-2015

Sandi adalah bahasa Sanskerta, yang artinya rahasia. Sandi biasanya dalam bentuk huruf atau kata. Jadi, nggak heran, ada yang disebut kata sandi. Dinas rahasia, instansi militer, detektif, polisi dan detektif seringkali mempelajarinya.

Nah, sandi juga ternyata dipelajari dalam kegiatan Pramuka. Tujuannya tidak sekedar untuk games, tetapi juga untuk melatih otak dan mental anggota pramuka dalam hal kesabaran dan pemecahan masalah.

Sebenarnya banyak sandi yang lazim dipakai pramuka. Nah, yang berikut ini kumpulan sandi yang dinilai mudah dipahami.

Sandi Morse

Inilah salah satu sandi paling populer dalam Pramuka. Ciri khasnya adalah mengganti huruf dengan tanda titik [.], garis [-], atau perpaduan keduanya. Sandi ini bisa dituliskan, bisa juga disuarakan dengan peluit.


Sandi Semaphore

Sandi yang menggunakan bendera/tangan/batang/dayung untuk menyampaikan/menerima pesan. Caranya, si penyampai/penerima pesan menggerakan/mengibaskan benda/tangan itu sesuai kode tertentu.


Sandi AND

Adalah sandi yang huruf-hurufnya disisipkan pada kata AND, misalnya: ANDA   KANDU   ANDA   DANDA   DANDI   SANDI   NANDI
A   K-U   A   D-A   D-I   S-I   N-I = aku ada di sini

Sandi Siput

Nah, sandi ini dibacanya harus berputar mirip rumah siput, caranya dengan mencari kata yang paling tengah [ditandai dengan huruf tebal]

Contoh :
U  D  U  N  I  A
D  O  W  E  L
N  P  B  A  L
A  N  E  D  B
P  K  A  P  A
= Baden Powell [Bapak Pandu Dunia]

Sandi AN

Sandi urutan huruf dari A hingga M, masing-masing memiliki kunci pasangan dari huruf N hingga Z. Contoh: CENZHXN dibaca PRAMUKA

Sandi AZ

Mirip seperti sandi AN, namun urutan pasangan hurufnya dibalikan A-M = Z-N. Contoh: KIZNFPZ=PRAMUKA

Sandi Rumput

Diadopsi dari kode morse. Titik yang digunakan pakai morse, pada sandi rumput digambarkan dengan lekuk rumput pendek, sedangkan garis pada morse, digambarkan pada sandi rumput dengan rumput panjang.


Sandi Plus/Kress

Adalah salah satu sandi aplikasi dari sandi morse. Biasanya, tanda titik [.] dan strip [-] diganti tanda + dan #. Contoh # / ++# / #+ / +# / +++ dibaca jadi TUNAS [kunci banyaknya titik/strip adopsi saja dari morse].

Sebenarnya, masih banyak sandi lainnya. Namun sekedar perkenalan, inilah yang dianggap tergampang untuk dipahami. Salam Pramuka !

[][teks @firza/umarsurati.blogspot.com/berbagai sumber | foto beritadaerah.co.id, ampx.ca, berbagai sumber]