}
Fakta Menarik Tentang Kesuburan
Fakta

Fakta Menarik Tentang Kesuburan

by Yogira
Thu, 20-Aug-2015

Mitos tentang kesuburan selalu menarik perhatian. Biasanya ini muncul saking kuatnya keyakinan orang pada tradisi dan kepercayaan yang turun menurun. 

Tapi fakta-fakta tentang kesuburan akan lebih menarik daripada sekedar mitos. Nah, coba deh simak kumpulan fakta ini, yang sumbernya dikutip dari  clearblueeasy.com.

Perenang Jarak Jauh

Untuk bertemu indung telur, sperma menempuh 3.750 kali panjang sel sperma, sebanding dengan manusia yang berenang sejauh 64 km.

Kapan Ulangtahunmu?

Di Korea dan beberapa negara Asia Timur lainnya, usia seseorang dihitung dari saat pembuahan, bukan saat sudah lahir. Jadi, di negara-negara tersebut, orang ketika lahir, usianya sudah berusia 9 bulan.

Sel Besar dan Kecil

Sel terbesar dalam tubuh manusia adalah sel telur perempuan [ovum] dan yang terkecil adalah sperma laki-laki. Bahkan, ovum bisa dillihat dengan mata telanjang.

Sedikit Peluang untuk Pembuahan

Setiap kali ketika ejakulasi, pria melepaskan 200-400 juta sperma. Namun hanya 250 sperma yang akan mencapai sel telur wanita, dan hanya satu yang akan membuahinya.

Anak Kembar karena Ubi Jalar

Nigeria adalah negara yang memiliki angka tertinggi di dunia soal kelahiran anak kembar. Konon, hal itu karena rata-rata penduduk Nigeria mengonsumsi ubi jalar. Tanaman ini mengandung asam folat, yang bisa menjaga dari risiko cacat janin saat kehamilan.

Perubahan Waktu

Dalam 40 tahun terakhir ini, perempuan menunggu waktu lebih  lama untuk berkeluarga. Padahal pada tahun 1970, rata-rata yang menjadi ibu sekitar usia 21 tahun. Tapi dewasa ini jadi 25-29 tahun, bahkan ada perempuan yang melahirkan anak pertama di atas usia 35 tahun.

Bagan Gender China

Orang China percaya dengan ‘Bagan Gender’ untuk memprediksi jenis kelamin bayi. Bagan semacam grafik ini berdasarkan kalender lunar pada saat pembuahan dengan mempertimbangkan unsur udara, api, dan air. [][teks @firza/clearblueeasy.com | foto youtube.com, babymed.com]