}
Lokomotif Tertua Sedunia
Fakta

Lokomotif Tertua Sedunia

by Yogira
Thu, 27-Aug-2015

Tiada kereta api cepat tanpa lokomotif yang tepat. Ya, berjalannya kereta api bergantung pada lokomotifnya. Adanya lokomotif modern seperti sekarang ini, takkan lepas juga dari evolusi lokomotif sejak abad ke-19.

Nah, Dari sekian banyak lokomotif di dunia, para ahli sejarah kereta api mengklaim bahwa ada 3 lokomotif tertua sedunia. Apa sajakah itu?

John Bull

foto forums.steves-digicams.com

Namanya sangar, identik dengan banteng. Lokomotif ini memang tangguh. Pembuatannya di Liverpool, Inggris, lantas dikirim ke Amerika pada Agustus 1831. Sebulan kemudian, John Bull dioperasikan di Camdey, New Jersey. Lokomotif uap tertua ini berhenti dijalankan sampai akhir perang saudara di Amerika.

Fairy Queen

foto plustoursindia.com

Nggak akan menyangka lokomotif cantik dan antik ini berusia tua. Fairy Queen mulai berjalan mengerek gerbong di rel sejak tahun 1855 di Bengal. Hebatnya, dia masih dioperasikan sebagai kendaraan wisata di sana.

Fairy Queen dirancang oleh perusahaan Thomson and Hewitson di Leeds, Inggris. Dulu lokomotif ini berfungsi menari gerbong-gerbong, yang mengangkut surat antara Howrah dan Raniganj dengan jarak 121 mil. 

Tweed

foto mickpope.zenfolio.com

Selain Fairy Queen, dulu di India ada pula lokomotif bernama Tweed, yang dibangun perusahaan Dubs di Glasgow, Skotlandia. Pada tahun 1873, lokomotif ini menarik gerbong berisi gula di Gorakhpur, Uttar Pradesh. [][teks @firza/wikipedia, pitara.com | foto lionelllc.wordpress.com, irfca.org]