}
Kecil, Imut, Berbahaya
Fakta

Kecil, Imut, Berbahaya

by Pohan
Thu, 17-Sep-2015

Jangan pernah menyepelekan kutu yang hinggap di rambut Anda karena kutu juga termasuk dalam daftar makhluk yang berbahaya. Makhluk-makhluk berbahaya tidak besar ukurannya, bahkan untuk melihatnya secara jelas butuh lensa kamera khusus. Inilah daftar makhluk yang paling berbahaya/menyakitkan:

9. Kutu

Kutu menghisap darah dan menempelkan dirinya ke makhluk yang lain [termasuk manusia]. Mengangkat dan menghilangkan kutu harus dilakukan dengan hati-hati karena bagian kepalanya bisa menyebabkan infeksi serius.

8. Tawon Pemangsa Tarantula [Tarantula Hawk]

Sengatan tawon ini dianggap salah satu yang paling menyakitkan di dunia [meskipun tidak sakit seperti disengat Paraponera clavata alias semut peluru]. Tarantula Hawk merupakan serangga yang berasal dari Meksiko.

7. Lalat Tsetse [Tetse Fly]


Lalat Afrika ini menghisap darah hewan vertebrata yang bisa menyebabkan penyakit African trypanosomiasis atau dikenal penyakit tidur. Gejala penyakit tidur dimulai dengan demam dan sakit kepala kemudian membengkak di bagian belakang leher.

6. Lebah Afrikanisasi [Africanized Bees]

Lebah pembunuh ini keturunan dari 26 ratu lebah Tanzania yang dibesarkan dengan spesies lain setelah mereka sengaja dibebaskan dari sarangnya di Brasil. Lebah ini akan mengikuti korban bahkan ketika sudah jauh dari sarang.

5. Kalajengking Deathstalker

Inilah spesies kalajengking yang sangat berbahaya. Racun kalajengking ini sebenarnya merupakan campuran yang kuat dari neurotoksin. Meskipun racun tidak akan membunuh orang dewasa yang sehat, deathstalker bisa berakibat fatal untuk anak-anak dan orangtua. Ironisnya, komponen racun [Peptide chlorotoxin] pada kalajengking ini berpotensi menyembuhkan tumor otak manusia sedangkan racun lainnya bisa membantu melawan diabetes.

4. Laba-laba Black Widow

Ini salah satu laba-laba yang paling terkenal terutama karena racunnya yang bisa mengundang maut bagi manusia. Racunnya lebih berbahaya daripada ular derik. 

3. Semut Marabunta [Army Ants]

Semut ini banyak ditemukan di Afrika dan Asia. Jika persediaan makanannya kurang, mereka berkerumun hingga 50 juta semut tunggal. Ada laporan, semut ini bisa membunuh dengan membuat manusia jadi sesak nafas [semut akan sering masuk ke dalam paru-paru].

2. Semut Peluru [Bullet Ant]

Gigitan semut ini tidak akan membunuh tetapi Anda tidak akan pernah melupakannya. Dinamai Bullet Ant karena gigitannya terasa seperti ditembak bisa menimbulkan gigitan yang paling menyakitkan dari makhluk lainnya. Dalam catatan Schmidt Sting Pain Index, Bullet Ant digambarkan sebagai penyebab gelombang yang terbakar dan berdenyut. Menimbulkan rasa sakit yang terus berlanjut sampai 24 jam.

1. Nyamuk Anopheles

Anopheles disebut nyamuk yang paling berbahaya di bumi. Nyamuk ini menyebabkan lebih dari 300 juta kasus malaria setiap tahun yang menghasilkan antara 1 sampai 3 juta kematian. Demam berdarah, kaki gajah, dan demam kuning adalah penyakit-penyakit akibat gigitan nyamuk ini. [][teks @pohanpow | sumber & foto listverse.com, heritagelawnskc.com, imgkid.com]