}
Lucunya Kelahiran Panda
Fakta

Lucunya Kelahiran Panda

by Yogira
Mon, 31-Aug-2015

Pencinta satwa layak bahagia. Sepuluh ekor anak panda baru-baru ini lahir di penangkaran Ya’an, Sichuan, China. Untuk pertama kalinya, kelahiran mereka ditampilkan kepada pengunjung meskipun sekadar jadi tontonan.


Semua bayi panda yang menggemaskan itu terlahir dari jenis panda raksasa. Mereka lahir mulai Juli lalu. Adapun sang indung semang termasuk spesies panda yang langka di China. 75 persen populasinya di kawasan Sichuan. Panda raksasa ini langka karena yang betina hanya mampu kawin sekitar 1-3 hari dalam setahun.


Lahirnya 10 ekor panda di penangkaran Ya’an berkat ketekunan para pekerja di sana dalam mengawinkan panda jantan dan betina pada saat yang tepat agar panda betina bisa hamil dan melahirkan bayi-bayinya dengan baik. Meski begitu, kondisi ini terkadang mengalami masalah ketika panda jantan di penakaran gairah seksnya sedang rendah. Karena itulah, petugas di sana memberikan obat-obat perangsang untuk mereka.


Kelahiran bayi-bayi panda yang lucu itu menyita perhatian para netizen di berbagai penjuru dunia setelah foto-fotonya tersebar di media sosial. Ada foto yang mendapatkan 94.286 like dan dibagikan 21.025 kali, serta dikometari pujian oleh 3.826 netizen.


Pada foto-toto yang sudah tersebar itu, terlihat juga ada beberapa panda yang dirawat di keranjang tidur, berselimut di satu ruangan. Para pengunjung pun dapat melihat gerak-gerik mereka dari balik jendela.  

[][teks @firza/berbagai sumber I foto thesun.co.uk,CCTVNEWS.COM, abcnews.go.com, awesomelycute.com, wsj.com]