Jenis-jenis Rok
Fashion

Jenis-jenis Rok

by Pohan
Fri, 25-Mar-2016

Selama ini mungkin yang kamu tau, rok ya rok aja gitu.. ternyata rok itu ada banyak jenisnya. Juga bisa disesuaikan dengan bentuk tubuhmu. Yang pasti jangan sampai kamu nggak nyaman saat memakainya. Inilah jenis-jenis rok:

1. Accordion Skirt

Rok dengan ploi-ploi rata, lembut, halus, dan sempit. Ploi-plot itu dibuat dengan cara dijahit atau disetrika dengan bahan kimia. Ploi-ploi ini telah digunakan untuk gaun pada abad ke-19.


2. A-line Skirt

Rok bawah yang dibuat mengembang tidak terlalu lebar dari garis pinggang sampai kelim bawah. Dibuat mengembang ini dengan maksud dua sisi samping membentuk huruf “A”.


3. Ballerina Skirt

Rok yang berpotongan penuh, dengan keliman kira-kira sampai atas mata kaki atau betis bawah, yang terilhami dari tutu/rok bawah pada pakaian balerina.


4. Balloon Skirt

Rok ini dikerut pada bagian pinggang dan dijahit membentuk kurva masuk mengarah ke lutut dan ditahan dengan sebuah ban melingkar di atas kelim jahitan.


5. Draped Skirt

Rok bawah yang dibuat dari sepotong bahan berupa kain serong yang dilipat sehingga menghasilkan ploi lembut dan ploi dibiarkan jatuh bebas, menggantung.

[][teks @pohanpow/buku Aneka Rok Bawah, buku A to Z Istilah Fashion | foto dok. glamradar.com, wetseal.com]