Pahami Dress Code Biar Nggak Saltum!
Fashion

Pahami Dress Code Biar Nggak Saltum!

by Sherra
Wed, 22-Apr-2015

Pernahkah Anda menerima undangan dengan menyertakan dress code atau busana bertema? Apakah Anda mengikuti peraturan dress code atau malah bingung harus berpakaian apa?

Sebenarnya, dress code dalam suatu acara baik untuk dipatuhi walaupun ada juga yang memberikan toleransi. Selain menghargai si empunya acara, Anda juga akan tampil pede karena terhindar dari salah kostum. Daripada ‘belang’ sendiri 'kan?

Berikut ini adalah makna dari beberapa dress code..

1. Casual
Pada dasarnya sih, casual bukanlah dress code. Anda bisa pakai pakaian apapun yang nyaman dan santai.
Pria: Bisa pakai kaos, jeans, celana cargo, polo shirt, dan sneakers.
Wanita: Kombinasikan jeans, kaos, atau dress dengan perhiasan atau blazer. Gunakan alas kaki sesuai dengan acara, bisa sneakers, heels, atau boots.

2. Business Casual
Ini adalah pakaian yang biasanya dipakai untuk ke kantor tanpa dasi dan jas.
Pria: padukan kemeja atau polo shirt dengan celana khakis atau celana bahan, dan sepatu loafers. Perhatikan! Jangan sampai kemeja atau celana Anda lecek.
Wanita: Pakai atasan yang fashionable dengan rok kasual atau celana bahan, dan heels. Boleh juga untuk menambahkan aksesoris.

3. Smart Casual [Dressy Casual]
Jangan bingung dulu, berpakaian seperti ini maksudnya adalah perpaduan pakaian casual dengan business casual. Jadi sepintar-pintarnya Anda untuk mengombinasikannya.
Pria: Wah, dengan dress code ini, padukan aja jas kasual dengan denim. Celana khakis, vest, dan dasi juga kombinasi yang pas.
Wanita: Paduan blouse dengan blazer bisa jadi pilihan. Pokoknya, sebaiknya Anda terlihat rapi dan stylish.

4. Business/Informal
Dress code satu ini versi lebih formal dari Smart Casual dengan setelan jas kasual, dasi, dan dress. Pakailah setelan berwarna gelap, seperti hitam, biru dongker, abu-abu, atau coklat.
Pria: Anda bisa berpakaian Smart Casual plus dasi tentunya.
Wanita: Gunakan setelan dress pendek dan heels.

5. Semi-Formal
Busana Semi-Formal tentunya lebih terkesan elegan dengan tuksedo dan gaun.
Pria: Gunakan setelan hitam dengan dasi panjang.
Wanita: Waktu yang tepat untuk memakai dress hitam Anda yang cuma nyangkut di lemari. Kebanyakan wanita sih pakai evening dress yang pendek. Tentunya hindari dress yang terlalu pendek.

6. Formal/Black Tie/Black Tie Optional
Ketiga dress code ini adalah yang paling elegan dari semuanya. Anda akan berada di dalam keramaian dengan pria bertuksedo dan wanita bergaun panjang.
Pria: Gunakan tuksedo dengan segala atributnya [vest/sabuk pinggang, kancing tangan, dsb]. Anda juga bisa pakai jas hitam, kemeja putih, dan dasi panjang. Sebenarnya nggak selalu harus berdasi hitam. Anda bisa gunakan warna lain untuk dasi/sabuk pinggang.
Wanita: Paling pas kalau Anda pakai dress panjang atau yang menjuntai hingga lantai. Tapi kalau nggak ada, Anda bisa pakai dress lain yang elegan. Jangan lupa untuk kenakan aksesoris bling bling. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]