Mengenal Pakaian Tradisional Jepang
Fashion

Mengenal Pakaian Tradisional Jepang

by Pohan
Thu, 29-Dec-2016

Awal Desember lalu, Jared Letto mengenakan setelan jas yang dilapisi kimono saat menghadiri "The Fashion Awards 2016". Sayangnya, ia mendapat predikat berbusana terburuk. Mungkin kurang beruntung. Padahal pakaian Jepang keren lho, kayak  pakaian tradisional Jepang yang masih dipakai saat ini, antara lain:

1. Kimono

Kimono dulunya dipakai setiap hari oleh kebanyakan orang Jepang. Di zaman modern ini, kimono menjadi pakaian formal untuk berbagai kesempatan.

2. Hakama

Hakama secara tradisional adalah pakaian pria. Namun sekarang, wanita mengenakan hakama juga untuk seni bela diri atau sebagai pakaian resmi.

3. Obi

Obi adalah ikat pinggang lebar sebagai hiasan yang melilit di pinggang saat mengenakan kimono.

4. Yukata

Yukata mirip dengan kimono tapi bukan pakaian untuk acara formal. Namun, pakaian ini bisa dikenakan untuk pesta bunga sakura.

5. Happi

Happi adalah jubah yang digunakan sebagai seragam bagi tim di sebuah festival, yang biasanya dikenakan dengan ikat kepala yang selaras warna seragamnya.

6. Furisode

Inilah kimono berlengan sangat panjang dan hanya dikenakan oleh wanita lajang dewasa.

7. Nagajuban

Nagajuban jubah sederhana yang menjadi pakaian dalam wanita saat memakai kimono.

8. Tabi

Tabi bentuknya khas dengan jempol kaki terpisah, dikenakan dengan sandal Jepang seperti geta, zori, dan okobo.

9. Jikatabi



Jikatabi adalah sepatu bot berbentuk seperti kaus kaki tabi dengan jempol kaki terpisah. Populer di kalangan pekerja luar ruangan seperti, petani dan pekerja konstruksi di Jepang.

10. Geta

Sandal Jepang praktis ini bisa menjaga pakaian agar terhindar dari kotoran saat berada di atas salju, hujan dan kotoran.

11. Zori

Zori adalah alas kaki tradisional Jepang yang biasa dipakai saat mengenakan kimono. Berbeda dengan geta, yang dipakai untuk kegiatan tidak resmi.

12. Okobo

Okobo terbuat dari kayu biasanya dicat atau di pernis hitam. Seperti geta, sandal ini menjaga agar kimono tidak kotor saat berjalan.

13. Hiyoku

Hiyoku, jubah bagian terluar kimono yang terdiri sampai 20 lapisan, 5 lapisan pertamanya sebagai penghangat tubuh.

14. Uchikake