}
5 Film Perang Militer Terbaik Sepanjang Masa
Film

5 Film Perang Militer Terbaik Sepanjang Masa

by Yogira
Tue, 08-Sep-2015

Sejak pertama kalinya manusia memanfaatkan tongkat dan bebatuan, seni perang telah menjadi fenomena abadi. Seni perang terus mengalami evolusi hingga terciptalah perang militer.

Setiap perang militer di dunia ini selalu terangkum dalam catatan sejarah. Bahkan karena dianggap fenomenal, perang militer menarik perhatian para sineas untuk menuangkannya dalam karya film.

Banyak film perang militer dari mulai era klasik hingga sekarang, yang diangkat dari kisah atau peristiwa nyata. Sebut saja: The Big Red One, The Great Escape, The Dirty Dozen, hingga Lone Survivor.

Tapi dari sekian banyak film perang militer, hanya sedikit yang ceritanya fokus berdasarkan fakta atau fiksi. Nah, berikut adalah 5 film perang militer sepanjang masa, yang memenuhi kriteria tersebut.

Black Hawk Down

Berdasarkan pertempuran di Mogadishu, Somalia pada tahun 1993. Saat itu, 2 helikopter Black Hawk dari Amerika ditembak jatuh di wilayah musuh. Tim penyelamat korban dibentuk dengan nama Black Hawk Down.

Film besutan Ridley Scott ini menyuguhkan pertempuran yang intens dengan bumbu persahabatan antar-tentara. Film ini menunjukan bahwa keberanian tentara bukan cuma ditulis dalam buku sejarah, tetapi justru pada fakta yang digambarkan dalam film.

Apocalypse Now

Dalam film ini, sang, sutradara, Francis Ford Coppola menggambarkan Perang Vietnam sebagai latar belakang saja. Fokus penting dalam film ini adalah kengerian psikologis tentara Amerika ketika berjibaku di Vietnam.

Dengan bertabur aktor yang populer pada zamannya, film ini dianggap jadi warisan dunia sinema yang sangat berharga sebagai film perang berkualitas.

Platoon

Platoon dibesut berdasarkan pertempuran nyata, yang disaksikan sendiri oleh sutradaranya, Oliver Stone. Para pemain dalam film ini pun sengaja ditempatkan dalam kamp pelatihan militer. Tak heran, Platoon jadi karya film yang sukses.

Film ini bukan lagi menyorot perang atau politik. Pada akhirnya, Platoon memperlihatkan sosok prajurit tunggal yang tersisa. Dia harus menjalani konflik batin yang menyedihkan.

Full Metal Jacket

 “Vietnam bisa membunuh saya, tetapi tidak dapat membuat saya peduli" kata Stanley Kubrick, mengenai Full Metal Jacket. Kubrick berhasil menggambarkan kegilaan perang dengan berhasil pada filmnya ini.

Seiring waktu berlalu, memang bagi Amerika, Perang Vietnam menyimpan luka lama, Apalagi lewat penggambaran film ini. Seolah tak ada tandingannya dengan film milter lainnya.

Saving Private Ryan

Berlatar Perang Dunia II di Prancis, film yang mengisahkan tentang penyelamatan tentara ini bisa ‘menggedor’ emosi penontonnya karena berhasil mengangkat tentara yang setia pada tugasnya.

Berkat sutradara ‘bertangan dingin’, Steven Spielberg, film ini berhasil merengkuh 5 Piala Oscar tahun 1999. Saving Private Ryan termasuk film perang menggagumkan, yang pernah dibuat di industri sinema.

[][teks @firza | sumber & foto screenrant.com, youtube.com, dailymotion.com]