}
The Program: Skandal Doping Lance Armstrong
Film

The Program: Skandal Doping Lance Armstrong

by Sherra
Fri, 29-Jan-2016

Pernah tahu soal kasus pemakaian doping Lance Armstrong? Mantan atlet balap sepeda profesional asal Amerika yang sempat meraih juara 7 kali  di kejuaraan Tour de France. Kasusnya merupakan konspirasi doping terbesar dalam sejarah olahraga dan akhirnya membuat gelar juaranya dicabut oleh Persatuan Balap Sepeda Internasional [UCI].

Nah, sesuai dengan judulnya, The Program menceritakan kisah nyata  Lance Armstrong [Ben Foster] yang telah sembuh dari kanker lalu menjalani 'program' penggunaan obat doping terlarang. Dia melakukan itu agar meraih gelar juara di Tour de France dan mendapatkan keuntungan materi, yang juga digunakan untuk kegiatan sosial. Namun, skandal tersebut tercium wartawan olahraga Irlandia, David Walsh [Chris O'Dowd], yang yakin kemenangan Lance Armstrong di Tour de France melibatkan obat doping terlarang.

Film ini diadaptasi dari buku David Walsh berjudul Seven Deadly Sins: My Pursuit of Lance Armstrong dan disutradarai Stephen Frears. Ben Foster bisa dibilang berhasil mendalami perannya sebagai Lance Armstrong. Iya, Ben Foster harus menunjukkan bahasa tubuh Lance yang menderita kanker, menyembunyikan tipu daya penggunaan doping bertahun-tahun, dan meyakinkan bahwa dirinya tidak bersalah.

Film ini juga menegangkan, saat Lance Armstrong harus terburu-buru menyuntikan cairan doping satu kantong infus karena ada pemeriksaan anti doping. Well, trus gimana cara Lance Armstrong selalu bebas dari tes penggunaan obat doping? Hasil tesnya selalu negatif. Kenapa juga rekan setimnya, Floyd Landis justru ketahuan memakai doping karena hasil tesnya positif? Nah, tonton aja filmnya ya..

Film produksi kerjasama Inggris dan Prancis ini juga menampilkan aktor Lee Pace, Jesse Plemons, dan Dustin Hoffman. Saksikan mulai 29 Februari di jaringan Cinemaxx, CGV Blitz, dan Platinum Cinemas. [][teks @saesherra | foto dok. Feat Pictures]