}
Room: Jika Manusia Terkekang dalam Ruangan
Film

Room: Jika Manusia Terkekang dalam Ruangan

by Yogira
Fri, 12-Feb-2016

Manusia normal pasti selalu ingin menghirup udara bebas karena dunia begitu luas. Tapi kalau tak bisa menikmatinya, manusia akan jadi tak waras.

Untung saja, Ma dan anaknya, Jack selamat dari ketidakwarasan. Keduanya bisa bertahan hidup meski terus membatin dalam ruangan sempit. Ma dan Jack terpenjara dari kehidupan bebas. 

Yang bikin miris, Jack yang masih berumur 5 tahun tak mengenal dunia luar, terutama kehidupan sosial. Setiap hari dia hanya berkomunikasi dengan Ma. Itu pun cuma di dalam satu ruangan bekas gudang, yang dilengkapi perabotan rumahtangga alakadarnya dan toilet seadanya.

Ma dan Jack adalah korban penculikan lelaki misterius, 'Old Nick'. Setiap saat, lelaki berkacamata ini mendatangi Ma dan Jack untuk sekadar menyuplai kebutuhan dapur dan kebutuhan makanan mereka. Setelah itu, dia pergi lagi dan mengunci ruangan itu.

Lantas, apa penyebabnya Ma dan Jack diculik? Bagaimana ibu dan anak ini bisa keluar dari sandera 'Old Nick'?

Room termasuk film drama keluarga yang inspiratif, memuat pesan bahwa  pengucilan anak dari lingkungan luar bisa mempengaruhi keadaan psikologisnya.

Aktor cilik, Jacob Tremblay sangat berhasil memainkan watak Jack. Dia mampu mengimbangi akting Brie Larson [berperan sebagai Ma].

Lewat film inilah, Larson dinobatkan sebagai Aktris Utama Terbaik Drama dalam ajang Golden Globe. Demikian juga dalam ajang Piala Oscar 2016, dia  dijagokan lagi sebagai pemenangnya. 

Selain Larson sebagai nominee aktris terbaik, ada 3 kategori lagi yang membuat Room masuk bursa perebutan piala Oscar 2016, yakni: Film Terbaik, Sutradara Terbaik [Lenny Abrahamson], dan Skenario Adaptasi Terbaik [Emma Donoghue]. 

Dari sisi cerita, Room tak mengumbar dialog-dialog pelik. Alur kisahnya sederhana. Pengambilan gambar dan tata artistik pastinya tak banyak memakan biaya kalau dibandingkan dengan 7 pesaingnya sebagai calon film Terbaik Oscar 2016, terutama: Bridge of Spies, Mad Max: Fury Road, The Martian, dan The Revenant.

Ya, Room bukanlah film glamor yang memamerkan kecanggihan teknologi special effect, maupun aktor/aktris sudah ternama. Tapi Room punya kekuatan dramatik karena skenarionya yang kuat.

Room layak ditonton segala usia. Inilah karya sinema yang bisa menggiring penontonnya pada pemahaman berharga, betapa pentingnya pendidikan bagi anak, terutama dalam memperkenalkan lingkungan di sekitarnya.

Tunggu tanggal main filmnya di jaringan bioskop 21 Cineplex/XXI Cineplex. [][teks @firza | foto roomthemovies.com]