}
Neerja: Pramugari Heroik dalam Pembajakan
Film

Neerja: Pramugari Heroik dalam Pembajakan

by Yogira
Fri, 26-Feb-2016

Film tentang pembajakan biasanya menampilkan tokoh utama heroik, jago kelahi, dan beraksi menumpas pembajaknya dengan cara kekerasan. Tapi Neerja beda. Film besutan Ram Madhvani ini bukanlah film action. Nerrja lebih menguak perjuangan seorang pramugari yang bersabar berusaha menyelamatkan penumpangnya dari sandera para pembajaknya.

Neerja Bhanot adalah nama pramugari itu. Usianya baru 23 tahun. Dia terpilih sebagai kepala pramugari penerbangan pesawat Pan Am yang berangkat dari Mumbai India, menuju Frankfurt Jerman. Namun saat pesawat ini transit di Karachi, Pakistan, tiba-tiba 3 orang pembajak masuk ke area bandara dan melumpuhkan para penjaga dan pegawai bandara hingga akhirnya bisa masuk pula ke dalam pesawat yang ditumpangi Neerja dan ratusan penumpang.

Semua awak dan penumpang Pan Am 73 panik. Karena harus mematuhi prosedur keselamatan dan keamanan, pilot dan co pilot pun melarikan dari dari cockpit sehingga pesawat itu batal terbang dan terparkir saja di bandara dalam beberapa jam. Ketiga pembajak ingin pesawat Pan Am 73 diterbangkan lagi menuju Siprus untuk menjemput rekannya yang dipenjara di sana. Mereka akan membebaskan semua awak dan penumpang dengan syarat rekannya yang dipenjara itu dibebaskan pula.

Neerja yang semula panik menghadapi para pembajak, akhirnya berusaha tenang dan mencari cara agar semua penumpang selamat dari penyanderaan dan pembunuhan.  Pelajaran tentang kesabaran dan ketegaran menghadapi situasi berbahaya ini dia dapatkan setelah mengalami pengalaman hidup yang getir sebagai seorang istri. Mampuhkah Neerja menyelamatkan penumpang? Cara apa saja ia bisa mengelabui para pembajak itu?

Ini film drama menegangkan. Membikin debar jantung naik-turun dan mengaduk-ngaduk emosi. Meski bukan film action, kisahnya berhasil menggiring penontonnya pada suasana pembajakan. Penonton seolah ikut terlibat secara emosial di dalam pesawat yang dibajak.

Sonam Kapoor berusaha keras mendalami karakter Neerja, yang memang kenyataanya pernah ada dalam peristiwa teror pembajakan pesawat pada tahun 1986, persis pada hari ulangtahunnya ke-23.

Ya, film ini memang diangkat dari kejadian nyata. Tak heran Sonam ingin memerani Neerja secara total dan senyata mungkin. Tapi, jangan dilupakan akting ciamik Jim Sarbh yang berperan sebagai Khalil, teroris temperamental dan bikin sebal. Patut diacungi jempol juga akting ekspresif, Shabana Azmi sebagai Ibunda Neerja. Aktingnya dalam film ini bisa memancing keluar airmata.

Neerja adalah film drama India. Siapapun bisa menontonnya. Ada pelajaran berharga bagi kita sebagai umat manusia ketika menghadapi masalah pelik dan membahayakan. Silakan tonton filmnya di bioskop Cineplex 21/XXI. [][teks @firza | foto huffingtonpost.in, youtube.com]