}
 The Mermaid: Puteri Duyung Pecinta Pengusaha
Film

The Mermaid: Puteri Duyung Pecinta Pengusaha

by Yogira
Wed, 16-Mar-2016

Siapa tak kenal Stephen Chow? Dia lah sutradara sekaligus aktor dalam film Shaolin Soccer, Kung Fu Hustle, dan CJ 7. Tiga film ini termasuk laris seantero dunia.

Nah, pasca menyutradarai film Journey to the West [2013], Chow tahun ini kembali mempersembahkan film yang sangat menghibur, bertajuk The Mermaid.

Alkisah, seorang pengusaha kaya raya bernama Liu Xuan [Chao Deng], akan membuat mega proyek real estate di sebuah teluk, yang harus direklamasi. Liu bermitra dengan Ruolan [Yuqi Zhang], penguasaha cantik yang ambisius. Liu nyaris saja merealisasikan mega proyek tersebut dengan cara berbahaya, yakni memasang sonar di sekitar perairan lokasi proyek, yang dihuni sekumpulan ikan duyung, makhluk separuh bertubuh manusia tapi kakinya bersirip ikan.

Rencana Liu dan timnya untuk menghancurkan biota laut dengan sonar berbahaya, ternyata gelagatnya tercium Octopus [Show Luo], yang tinggal juga bersama sekumpulan ikan duyung di dalam bangkai kapal di sekitar teluk. Untuk menggagalkan rencana jahat Liu dkk, Octopus menugaskan Shan [Yun Lin], puteri duyung paling cantik agar mau merayu Liu, yang dikenal sebagai pria hidung belang. Dengan segala cara, Shan mencoba masuk dalam kehidupan Liu. Semula Liu mengacuhkannya. Tap lambat laun, Liu tertarik pada Shan meski sebenarnya puteri duyung ini berencana membunuhnya, tapi urung juga karena terlanjur mencintai Liu. Bagaimana hubungan Liu dan Shan berikutnya?

Siapapun yang sudah menonton film-film Stephen Chow, tentu sepakat, senyum dan gelak tawa akan ‘meledak’. Penonton bisa menangis karena banyak adegan yang mampu mengocok perut. Demikian juga dengan menonton film The Mermaid, kita akan menikmati adegan kocak, aksi lebay, dialog jenaka, tapi terselip juga adegan yang tragis dan menyedihkan. Suguhan ini seperti jadi resep yang khas Stephen Chow. Dia selalu berhasil mencampuradukan humor dan adegan dramatis pada setiap filmnya.

Patut dicatat pula, dibandingkan film-film garapan Chow sebelumnya, special effect film The Mermaid dinilai paling keren dan indah. Nah, kamu yang penasaran dengan mitologi puteri duyung yang digarap jadi sebuah film menghibur, tonton saja di bioskop terdekat. [][teks @firza | foto imdb.com, get-top-news.com]