}
Blusukan Jakarta: Kerasnya Hidup Anak Jalanan
Film

Blusukan Jakarta: Kerasnya Hidup Anak Jalanan

by Sherra
Tue, 22-Mar-2016

Udah nggak aneh rasanya melihat anak-anak kecil lalu lalang di jalanan untuk mengemis atau mengamen. Tapi sebenarnya apa yang menjadikan mereka seperti itu? Temukan jawabannya di Blusukan Jakarta. Tentu, ini bukan film kampanye ya.

Jangan lihat gedung-gedung dan mall-nya saja yang menjulang di Jakarta. Film Blusukan Jakarta menampilkan sisi lain yang Jakarta banget. Menceritakan kerasnya kehidupan anak jalanan. Berawal dari seorang jurnalis dari Amerika Serikat bernama Tony [Marcio Sebsam] yang ditugaskan untuk membantu tim investigasi salah satu stasiun teve di Jakarta.

Ia pun berpikir untuk mengangkat anak jalanan sebagai tema investigasi. Pertemuannya dengan Acil [Clinton Lubis], salah satu anak jalanan membawa petaka. Tony pun terjebak di perkampungan nelayan dan menjadi buronan preman setempat, Jampang [Ence Bagus].

Akhirnya ia menemukan Anggun [Mentari De Marelle], gadis pintar yang bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Anggun juga seorang pengajar anak-anak jalanan di kampung nelayan tersebut. Ia ingin membebaskan anak-anak jalanan dari kehidupan jalanan dengan memberikan pendidikan.

Film arahan Azhar Kinoi Lubis ini diharapkan bisa membuka mata, hati, dan pikiran masyarakat. “Aku pengin film ini jadi sebuah inspirasi, semangat baru kita untuk hidup. Bukan kita mengasihani orang miskin, tapi bagaimana orang miskin punya semangat kerja keras. Aku bermaksud mengajak semua elemen masyarakat miskin, kaya, rakyat sampai pemimpin, sadar semua akan koreksi diri masing-masing bagaimana yang terbaik untuk Indonesia,” ujar sang sutradara di Cinemaxx, FX Sudirman, Senin [21/03].

Set lokasi benar-benar asli. Kalau film Amerika mungkin memerukan efek khusus untuk bikin kawanan lalat serta bunyinya. Film ini benar-benar asli menampilkan tempat kumuh, banyak lalat, dan sampah yang mungkin nggak layak untuk dijadikan tempat tinggal.

Blusukan Jakarta juga dibintangi Shita Destya, Verdi Solaiman, Hengky Solaiman, Tarzan, Emmie Lemu, Ronny P Tjandra, dan Ricky Komo. Tonton aja, film ini tayang 24 Maret mendatang. [][teks @saesherra | foto @BlusukanJakarta]