}
10 Cloverfield Lane: Curiga Jadi Petaka!
Film

10 Cloverfield Lane: Curiga Jadi Petaka!

by Yogira
Thu, 07-Apr-2016

Bagaimana kalau kamu terkurung di dalam ruangan semacam bunker bersama orang asing? Tentu saja kamu ingin segera bebas menikmati dunia luar.

Dalam film 10 Cloverfield Lane, bangunan bunker [tempat bertahan hidup] jadi setting utama dan berperan penting membangun ketegangan cerita film ini.

Bermula dari perjalanan seorang perempuan bernama Michelle [Mary Elizabeth Winstead] yang menyetir mobil sendirian. Tiba-tiba dia mengalami kecelakaan. Mobil Michelle terjerumus ke pinggir jalan. Dia pingsan. Lantas saat sadar, dia berada di ruangan asing dan bertemu lelaki tua bernama Howard [John Goodman].

Tentu saja Michelle penasaran dan curiga hingga akhirnya dia berada di tempat yang mirip bunker ketimbang rumah. Michelle ingin melarikan diri tapi selalu gagal. Sebagai pemilik bunker, Howard menjelaskan bahwa Michelle lebih aman tinggal di bunkernya ketimbang keluar, yang menurutnya sudah terkontaminasi radiasi. Michelle tak begitu saja percaya, malah dia curiga Howard sudah menculiknya setelah menemukan beberapa tanda bukti yang sudah ditemukannya.

Di bunker, ternyata ada lelaki lain bernama Emmett [John Gallagher Jr.]. Dia mengaku masuk ke bunker karena ingin selamat dari radiasi berbahaya yang mencemari daerahnya. Tapi Howard menembak mati Emmet. Dia sakit hati karena Michelle dan Emmett memperdayanya untuk kabur. Padahal justru dia ingin menyelamatkan mereka.

Setelah Emmett tewas, Michelle semakin berani untuk kabur dari bunker. Dia berhasil ke luar bunker dan lolos dari kejaran Howard. Tapi di luar, ternyata dia menghadapi bahaya.

Bahaya apa yang dihadapi Michelle setelah berhasil keluar dari bunker? Benarkah cerita Howard tentang terancamnya hidup manusia oleh udara yang terkontaminasi?

Meski pemainnya yang berakting dalam bunker cuma 3 orang, film ini berhasil bikin penonton tegang. Emosi dan curiga antara Howard dan Michelle selalu ‘berperang’.

Film besutan Dan Trachtenberg boleh dibilang ber-budget rendah. Tapi bisa tertolong dengan skenarionya yang kuat, sehingga dugaan penonton bisa tertipu oleh arah plotnya.

Nah, kamu yang suka film drama dengan konflik psikologis yang menegangkan dan membuat penasaran, tonton film ini di bioskop Cinema XXI/21. [][teks @firza  | foto Bad Robot Productions]