}
Jason Bourne: Pencarian Jati Diri Penuh Aksi
Film

Jason Bourne: Pencarian Jati Diri Penuh Aksi

by Yogira
Wed, 27-Jul-2016

Bourne is back! Yup, karakter Jason Bourne yang kadung melekat pada Matt Damon kembali melanglang di layar bioskop. Berarti, untuk kempat kalinya, Damon memerankan mantan anggota CIA itu.

Jason Bourne. Judul filmnya semacam penegasan jati diri serial Bourne sebelumnya: The Bourne Identity [2002], The Bourne Supremacy [2004], The Bourne Ultimatum [2007].

Apakah penegasan Jason Bourne itu pertanda Damon akan pensiun sebagai Bourne? Rumornya memang beredar untuk seri Bourne berikutnya, aktornya akan diganti dengan sosok yang lebih muda.

Dibandingkan dengan Bourne sebelumnya, [termasuk The Bourne Legacy yang diperankan Jeremy Renner], film Jason Bourne terbilang paling berhasil, baik dari teknis filmis maupun plot cerita. Ini jadi semacam klimaksnya The Bourne saga, yang sayang kalau dilewatkan.

Setelah menghilang bertahun-tahun, Bourne kembali menjadi buronan CIA. Direktur CIA, Robert Dewey [Tommy Lee Jones], yang paling bernafsu menghabisi Bourne. Dia bersengkongkol dengan Asset [Vincent Cassel] sebagai eksekutor pembunuhnya. Di tubuh CIA, ada Heather Lee [Alicia Vikander], agen ahli IT, yang begitu leluasanya bisa mengobok-ngobok jaringan teknologi cyber dunia guna menangkap Bourne.

Sebenarnya Bourne ogah lagi terlibat dengan urusan CIA. Tapi Nicky Parson [Julie Stiles] menggiring dia agar bisa membongkar aib CIA atas banyak kasus pembunuhan yang dirahasiakan, termasuk pembunuhan ayah Bourne, Richard Webb [Gregg Henry]. Bagaimana Bourne menangani ancaman CIA? Apakah dia akhirnya menemukan jati diri sesungguhnya?

Dari awal hingga akhir cerita, Jason Bourne berhasil menjaga ritme ketegangan cerita, baik dengan dialog antar-pemain, maupun serangkaian action-nya. Patut diacungi jempol kerja keras sang sutradara Paul Greengrass, yang meramu dunia cyber jadi penyedap up to date sejumlah adegan. Jangan remehkan pula editing gambarnya, yang ditangani Christopher Rouse. Dia berhasil menata serangkaian gambar film ini secara apik hingga mampu membetot-betot emosi, terutama pada sejumlah adegan action di Athena Yunani. Bisa Jadi Rouse akan masuk nominasi oscar lagi, bahkan bisa jadi pemenang seperti pada film The Bourne Ultimatum.  

Nah, pencinta film aksi serial Bourne, sekali lagi, jangan lewatkan kesempatan menontonnya di jaringan bioskop Cinema XXI. [][teks @firza | foto The Kennedy, Marshall Company,  Captivate Entertainment, Pearl Street Films]