}
Suicide Squad Review - Sisi Heroik dari Para Penjahat Super
Film

Suicide Squad Review - Sisi Heroik dari Para Penjahat Super

by Dedi
Thu, 04-Aug-2016

Berawal dari komik terbitan DC Comics, Suicide Squad adalah sekelompok penjahat super yang menjalankan misi buat pemerintah di bawah pimpinan Amanda Waller [Viola Davis] dari organisasi rahasia pemerintah, A.R.G.U.S.


Dengan nama resminya Task Force X, anggota Suicide Squad 'dipaksa' untuk melaksanakan 'black ops' di bawah perintah Amanda. Menentang berarti mati, karena adanya bom mikro yang ditanamkan di leher para anggota Suicide Squad yang siap diledakkan kapan saja, dan patuh berarti pemotongan masa hukuman penjara, tetapi itu juga jika mereka sukses menjalankan misi yang diperintahkan.  

Misi pertama Suicide Squad adalah melawan Enchantress [Cara Delevigne], penyihir berusia ratusan tahun dari dimensi lain yang berniat menguasai dunia. Enchantress sejatinya adalah kartu truf Amanda yang memperalatnya untuk menjalani misi-misi spionase antar-negara seperti mencuri rahasia intelijen negara lain dengan kekuatan sihirnya. Namun semuanya berbalik ketika Enchantress meloloskan diri.


Dan di saat harapan mulai sirna, di situlah mereka, para penjahat super, menunjukkan jiwa kepahlawanannya. Bukan karena keterpaksaan ataukarena imbalan, tetapi karena heroisme murni yang timbul dari rasa kebersamaan, kebanggaan dan demi keluarga mereka.

Suicide Squad dibanjiri karakter-karakter penjahat super yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta DC Comics. Deadshot [Will Smith] dan Harley Quinn [Margot Robbie] terlihat paling menonjol dibandingkan karakter lainnya seperti Captain Boomerang [Jai Courtney], El Diablo [Jay Hernandez], dan Killer Croc [Adewale Akinnuoye-Agbaje]. Sedang sosok Amanda Waller [Viola Davis] sedemikian mirip dengan yang digambarkan di versi komiknya. Rick Flag [Joel Kinnaman] mendapatkan porsi yang cukup dan Katana [Karen Fukuhara], satu-satunya superhero yang bergabung di Suicide Squad, terlihat kurang berperan. Pedang Soultakernya yang dikatakan bisa mengurung jiwa seseorang yang dibunuhnya tidak lebih hanya seperti pedang biasa di film ini.


Sementara cameo Batman [Ben Affleck] dan seorang anggota Justice League lainnya menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu. Film yang seru dari awal sampai akhir. Sayangnya, peran Joker [Jared Leto] yang banyak ditampilkan di beberapa promo trailer sebelum film ini tayang, ternyata tidak sehebat yang dibayangkan.
[][teks @dd_sarwono | foto berbagai sumber]