}
Deepwater Horizon: Kisah Kilang Minyak Meledak
Film

Deepwater Horizon: Kisah Kilang Minyak Meledak

by Yogira
Fri, 30-Sep-2016

Jangan serakah mengeksploitasi energi bumi. Bisa-bisa maut mengancam hidupmu. Meluluh-lantakkan harta, kuasa, dan nyawa! Itulah pesan berharga dari film Deepwater Horizon. Karya sinema arahan sutradara Peter Berg, yang baru saja rilis dan diprediksi jadi film box office.

Film ini diangkat dari kisah nyata. Pada 20 April 2010, kilang minyak bernama Deepwater Horizon terkena bencana kebocoran minyak dahsyat dalam sejarah Amerika karena banyak menelan korban jiwa.   

Ketika dilayarlebarkan, pengisahannya memang terlihat nyata. Penonton film yang awam tentang kilang minyak jadi sedikit mendapatkan wawasan, betapa bahaya bekerja di kilang minyak.

Mike Williams [Mark Wahlberg] adalah ahli IT di Deepwater Horizon. Dia diminta laporan oleh atasannya tentang kondisi kilang minyak tersebut. Ternyata, Deepwater Horizon banyak kerusakan. Tapi laporan Mike seolah tak digubris. Padahal secara teknis, kondisi kilang minyak sangat riskan.

Pemimpin kilang minyak Jimmy Harrell [Kurt Russell] sempat ragu mengambil keputusan untuk pengeboran minyak. Bahkan dia bersitegang dengan petinggi  perusahaan tersebut. Akhirnya pengeboran tetap dilakukan. Semula pekerja yakin pengeboran akan berhasil. Tapi yang datang menghampiri mereka malah bencana. Lumpur minyak menyembur, Terjangannya membabi buta ke mana-mana. Kilang minyak mulai berantakan, hancur merana.

Bisakah para pekerja di sana menghentikannya? Bagaimanakah mereka menyelamatkan diri dari ledakan gas dan kobaran api?

Film ini sungguh mengocok emosi, terutama saat terlihat pipa pengeboran mulai bergetar, lalu lumpur muncrat berbuah petaka.

Penggarapan film ini layak mendapat puji untuk tata suara dan editing gambarnya karena dua elemen itulah yang paling terasa mengiringi atmosfer ketegangan film ini.

Bagi Mark Wahlberg & Peter Berg, ini jadi semacam reunian setelah film Lone Survivor. Mereka pun bekerjasama lagi pada film berikutnya, Patriots Day.

Kamu penasaran dengan kisah film ini? Segera bergegas ke bioskop Cinema 21/XXI. Dijamin, Deepwater Horizon film inspiratif. [][teks @firza | foto Participant Media, Di Bonaventura Pictures]