}
Inferno: Teka-Teki Virus Petaka Dunia
Film

Inferno: Teka-Teki Virus Petaka Dunia

by Yogira
Wed, 12-Oct-2016

Mengerikan! Bayangkan kalau ada virus berbahaya menular, menyakiti, dan memusnahkan separuh populasi umat manusia di dunia.

Virus menjadi kunci utama ketegangan film Inferno. Setelah sukses dengan The Da Vinci Code dan Angels & Demons, Robert Langdon [Tom Hanks] kembali berjibaku dengan bahaya dan berpikir keras untuk memecahkan teka teki pada rangkaian misteri yang berujung akan terjadinya malapetaka dahsyat di planet bumi karena virus.

Secara bahasa, Inferno berarti neraka. Maka, dalam film ini, neraka adalah semacam representasi menakutkan, yang tersimpan dalam bahasa-bahasa simbol lukisan dan patung, bahkan pada teks karya sastra penyair Edmund Dante. Tapi itu juga jadi petunjuk bagi Langdon agar malapetaka tadi tidak terjadi.

Sejak awal hingga pertengahan cerita dalam film ini, hidup Langdon terancam. Dia berteman dengan Dr. Sienna Brooks [Felicity Jones], seorang dokter muda yang cantik dan cerdas. Keduanya terus diburu oleh pihak-pihak yang menginginkan virus ciptaan Bertrand Zobrist [Ben Foster] lewat tangan Langdon.

Landon terus melakoni penelurusan untuk memecahkan teka-teki sekaligus mengamankan hingga ke Italia dan akhirnya klimaksnya di Turki. Dengan kondisinya yang sakit, bahkan nyaris lupa ingatan, Landon berupaya mencegah virus itu menyebar dan tidak sampai pada pihak yang bertanggungjawab. Sebenarnya, siapakah musuh utama Landon? Bagaimana dia bisa terlibat dengan masalah virus, yang sebenarnya bukan bidangnya?

Inferno menyuguhkan teka-teki mengejutkan, intelektualitas mengagumkan, dan tamasya seni Eropa yang menakjubkan. Tiga elemen inilah yang membangun adegan demi adegan film ini jadi asyik dinikmati. Sang sutradara, Ron Horward tentu saja ingin memperlebih bobot thriller-nya daripada dua film sejenis sebelumnya, Angel & Demons [2009] dan The Da Vinci Code [2006]. Yup, dua film tersebut dan juga Inferno adalah adaptasi dari karya novel dengan penulis yang sama, Dan Brown.

Nah, kamu penyuka film drama thriller, Inferno mestinya jadi pilihan untuk jadi tontonan ke bioskop. Yuk, saksikan di  bioskop Cinema 21/XXI.  [][teks @firza | foto Columbia Pictures]