}
Bridget Jones’s Baby: Siapakah Ayah Sang Bayi?
Film

Bridget Jones’s Baby: Siapakah Ayah Sang Bayi?

by Yogira
Mon, 17-Oct-2016

Tahun 2001, Bridget Jones’s Diary jadi salah satu film terlaris. Tahun ini, sang tokoh utama, Bridget Jones kembali berpetualang cinta dalam fllm Bridget Jones’s Baby.

Bridget Jones [Renee Zellweger] diceritakan sudah 43 tahun. Dia merasa sudah jadi perawan tua, tak pernah menikah meski sudah mengalami masa pacaran. Dalam Bridget Jones’s Diary, Jones pernah jatuh cinta pada Daniel Clever [Hugh Grant] dan juga Mark Darcy [Colin Firth]. Namun dalam film Bridget Jones’s Baby, kisah cinta Jones pada Clever dianggap tamat karena lelaki itu dinyatakan hilang dalam kecelakaan. Sedangkan pada Darcy, Jones merasa tak ada harapan karena lelaki pengacara itu sudah menikah.

Maka, untuk mengisi kesepiannya tanpa pendamping, dia pun menghibur diri bersama rekannya, Miranda [Sarah Solemani]. Mereka pergi ke acara festival musik. Di sana Jones tak sengaja bertemu dengan lelaki tampan, yang sebenarnya orang terkenal, yakni Jack [Patrick Dempsey]. Jones jatuh hati, demikian pula Jack. Namun, secara mengejutkan, Jones pun mendapatkan lagi perhatian cinta dari Darcy. Lelaki ini mengaku akan bercerai dengan istrinya.

Dalam masa waktu yang berbeda, Jones berhubungan dengan Jack, kemudian Darcy. Tapi Jones akhirnya bingung ketika dinyatakan hamil. Pada usianya yang sudah mulai tua, dia bahagia akan punya bayi, tapi di sisi lain dia bingung, menentukan ayah si jabang bayi. Apakah Jack atau Darcy?

Dari sisi konflik cerita,  Bridget Jones’s Baby lebih berhasil ketimbang Bridget Jones’s Diary. Gagasan pemicunya adalah persoalan hamil dan bayi. Konfliknya sangat masuk akal dan sering terjadi pada realitas kehidupan asmara. Memang, sungguh jadi masalah ruwet kalau ada bayi diakui dua lelaki berbeda.

Nah, keruwetan ini malah menjadi hiburan tersendiri. Penonton akan lebih banyak tertawa, simpati, dan terhibur oleh kelakuan Jones dalam menghadapi hidupnya. Sang sutradara, Sharon Maguire cukup berhasil menggabungkan sisi dramatik cerita dengan casting para pemainnya, yang dinilai tepat memerankan tokoh-tokohnya.

Bridget Jones’s Baby memberikan pesan berharga bahwa orang yang menjalani hubungan asmara memang harus serius dan tidak mendua. Kalau tidak, kejadianya bisa seperti yang dialami Jones. Tak percaya? Tonton saja filmnya di bioskop Cineplex 21/XXI.  [][teks @firza | foto Miramax, StudioCanal]