}
Jack Reacher Bongkar ‘Borok’ Militer
Film

Jack Reacher Bongkar ‘Borok’ Militer

by Yogira
Fri, 21-Oct-2016

Militer termasuk institusi ‘angker’.  Sudah banyak film menguak sisi baik dan sisi buruknya. Masalah perang, politik, dan skandal selalu jadi pemicu pengisahannya. Tidak semua orang bisa melibatkan diri dengan dunia militer. Ada protokoler khusus juga risiko membahayakan kalau main-main dengan institusi seperti ini.

Yup, militer  bisa dianggap lembaga ‘angker’. Bisa mengancam siapapun kalau ada yang berani mengobok-ngoboknya. Kondisi ini tergambarkan juga dalam film Jack Reacher: Never Go Back.

Jack Reacher [Tom Cruise] adalah mantan tentara pada angkatan perang yang bermarkas di Washington. Dia menghadapi masalah di kantor almamaternya karena dituduh bekerja sama dengan Mayor Susan Turner [Cobie Smulders] terkait skandal pembunuhan tentara dalam operasi militer di Afghanistan.

Kemudian, Reacher diburu pembunuh profesional. Demikian juga Turner. Dia yang dijebloskan ke penjara lantaran difitnah telah membocorkan rahasia mliter, juga akhirnya jadi buronan bersama Reacher. Pelarian mereka tambah pelik karena hadirnya cewek ABG bernama Samantha Dayton [Danika Yarosh], yang didentifikasi oleh militer sebagai anak Reacher.

Bagaimana  Reacher, Turner, dan Dayton menghadapi ancaman pembunuhan? Bagaimana mereka membongkar skandal sekaligus borok militer di Washington terkait skandal di Afghanistan?

Jack Reacher: Never Go Back adalah sekuel film Jack Reacher [2012], tapi dengan arahan sutradara berbeda. Pada Jack Reacher ke-2, Edward Zwick harus berupaya mengarahkan para pemainnya pada plot cerita yang rumit dan bercabang. Imbasnya, film ini jadi terkesan ‘berat’ dan harus cermat menontonnya untuk menemukan benang merah antara skandal di Afghanistan, status anak Samantha Dayton, dan keterlibatan Reacher sendiri dengan almamater institusinya.

Untung saja, film ini tertolong dengan sejumlah adegan action, yang cukup menegangkan. Perkelahian dan kejar-kejaran berbahaya cukup menutupi kerumitan alur ceritanya. Jangan lupakan kehadiran Samantha Dayton. Sang pemeran, Danika Yarosh lumayan mencuri perhatian atas aktingnya, yang bawel dan bandel, namun terkadang lugu, dan juga cerdik dalam menghadapi situasi.

Film ini adalah reunian Tom Cruise dengan sang  sutradara Edward Zwick. Keduanya pernah bersinema bareng dalam film The Last Samurai [2003]. Yang menarik, sebelum Tom Cruise jadi pemeran utamanya, pada tahap casting beberapa aktor sempat dipertimbangkan sebagai Jack Reacher, yakni: Brad Pitt, Hugh Jackman, Will Smith, Jamie Foxx, dan Vince Vaughn.

Nah, kamu yang penasaran dengan akting dan aksi Tom Cruise dalam film action, tonton saja segera film ini di bioskop Cinema 21/XXI. [][teks @firza | foto Skydance Media, TC Productions]