}
Hacksaw Ridge: Calon Film Terbaik Oscar 2017
Film

Hacksaw Ridge: Calon Film Terbaik Oscar 2017

by Yogira
Fri, 04-Nov-2016

Prestasi terbaik Mel Gibson dalam dunia sinema adalah Braveheart. Sebagai sutradara, Mel mengantarkan Braveheart jadi film terbaik Oscar 1995.

Tampaknya, Mel bakal merengkuh piala Oscar lagi melalui filmnya bertajuk Hacksaw Ridge. Sebuah film perang yang diangkat dari kisah nyata, Desmond T. Doss—prajurit  pembangkang yang menolak membawa senjata di medan perang.

Dari sisi casting, Andrew Garfield memang cocok memerankan Doss. Postur tubuhnya lempai dan berwajah melankolis, membuat tokoh Doss tidak seperti tentara ideal.

Pada Perang Dunia II, khususnya ketika pertempuran di Okinawa Jepang, warga negara Amerika dipersilakan ikut berperang. Termasuk Doss, yang sempat tak diizinkan orangtuanya masuk tentara.

Di kamp militer, Doss sempat di-bully, bahkan dikeroyok. Tubuh dan wajahnya lebam tak kauran. Motifnya, dia enggan menyentuh senjata, apalagi memakainya untuk berperang. Di sisi lain, Doss mencintai Dorothy Schutte [Teresa Palmer]---gadis cantik yang bertugas di rumah sakit militer.

Kehadiran Dorothy lah yang membuat sepak terjang Doss di dunia militer menciptakan romantisme sekaligus kesedihan, belum lagi ada masalah keluarga yang menimpanya. Tapi tak dinyana, ternyata di medan perang Doss malah dianggap sangat berjasa meski tanpa senjata. Bagaimana Doss berjibaku di medan pertempuran yang bernama Hacksaw Ridge?

Dari sisi teknis filmis, Hacksaw Ridge terbilang mumpuni. Skenario, penyutradaraan, sinematografi, editing gambar, sound editing, sound mixing jadi racikan sedap untuk sajian karya sinema.

Jangan lupakan akting Hugo Weaving yang berperan sebagai ayah Doss. Meski sebagai peran pendukung, dalam sejumlah adegan, gesturnya terlihat ekspresif, terutama saat adegan dia berbicara di meja makan terkait keberatannya pada anaknya yang jadi tentara. Demikian pula Vincent Vaughn yang melakoni Sersan Howell. Aktingnya patut diacungi jempol karena omongannya seringkali mengundang tawa.

Hacksaw Ridge menguak sisi kelam Perang Dunia II, yang mengobral banyak korban. Mel berhasil meramunya dengan tuturan dramatik terjaga dan juga action-nya yang tampak realistis. 

Braveheart dan Hacksaw Ridge sama-sama film perang dengan latar sejarah berbeda. Sebagai sutradara, Mel sudah mampu mendokumentasikan dua film itu jadi legenda.  

Kamu ingin nonton film perang yang berkualitas?  Tonton saja segera Hacksaw Ridge  di bioskop Cinema 21/XXI. [][teks @firza | foto Cross Creek Pictures]