}
Moana: Petualangan Gadis Motunui
Film

Moana: Petualangan Gadis Motunui

by Sherra
Fri, 25-Nov-2016

Cerita film ini diangkat dari mitos nyata. Bercerita tentang gadis remaja bernama Moana [Auli’i Cravalho] dari Motunui, sebuah pulau di Polinesia. Dia ingin bertualang mengarungi Samudera Pasifik karena menuruti permintaan dari para leluhurnya.

Perjalanannya itu juga bertujuan mencari Maui [Dwayne Johnson], manusia setengah dewa yang telah mencabut hati Te Fiti, sebuah induk pulau. Hal itu menyebabkan kegelapan perlahan datang menghancurkan dunia. Pasalnya, hati berbentuk permata yang dicuri Maui itu adalah sumber kehidupan.

Sepanjang jalan, Moana belajar bagaimana untuk berlayar dan melakukan navigasi dari bintang-bintang. Ia juga menunjukkan bahwa keberanian bukan cuma untuk dewa. Moana juga belajar untuk mengetahui dan memahami dirinya sendiri agar menjadi pemimpin yang baik.

Well, udah nggak aneh kalau film animasi Disney patut diacungi jempol. Moana menyuguhkan cerita dan animasi yang menyegarkan dan memuaskan. Moana nggak perlu keromantisan dengan pangeran untuk membungkus cerita film.

Pendatang baru Auli'i Cravalho berhasil membawakan karakter Moana dengan sangat baik. Narasi cerita rakyat divisualisasikan dengan sangat menakjubkan. Warnanya hidup dan memanjakan mata. Kamu juga pasti ngakak nontonnya karena tingkah dan celetukan jenaka dari karakternya. Apalagi saat melihat tingkah Heihei, ayam bermata juling di film ini.

Disney menciptakan sebuah petualangan yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Seperti biasa, berpesan moral. Meskipun mungkin pesan tersirat itu hanya bisa ditangkap oleh penonton dewasa sih. Lagu-lagunya yang kebanyakan ditulis oleh Opetaia Foa'i, Mark Mancina, dan Lin-Manuel Miranda bikin terngiang di kepala. Favorit penulis sih lagu yang dinyanyikan oleh Dwayne Johnson. Hihi.

Penasaran? Tonton aja film karya sutradara John Musker dan Ron Clements ini.. Udah tayang lho. [][teks @saesherra | foto Walt Disney Animation Studios]