}
Sing: Ketika Hewan Tampil Nyanyi
Film

Sing: Ketika Hewan Tampil Nyanyi

by Yogira
Thu, 08-Dec-2016

Ketika hewan mengikuti lomba nyanyi, kelucuan dan kekaguman menjadi kenangan tak terlupakan bagi yang menyaksikannya. Nggak percaya? Tonton saja film animasi, Sing.

Yup, Sing adalah tontonan audio visual yang lengkap. Nggak sekadar produk film animasi. Penonton pun bisa ikut bernyanyi dan bergoyang mengikuti sejumlah lagu populer zaman dulu hingga sekarang.

Kisahnya tentang seekor koala bernama Buster Moon. Dia produser pertunjukan teater yang terbelit masalah keuangan. Tapi semangatnya tak patah arang. Buster mengadakan lomba nyanyi, yang hadiahnya menggiurkan meski nilai nominalnya tertulis nggak sengaja oleh asistennya, Miss Crawly.

Sejak ada pengumuman lomba nyanyi, berbondong-bondonglah aneka satwa untuk mengikuti audisi, antara lain: Rosita [babi], Mike [tikus], Johnny [gorila], dan Ash [landak]. Ada satu peserta yang gagal audisi tapi akhirnya jadi asisten Buster, namanya Meena, seekor gajah pemalu yang berbakat jadi penyanyi.

Ketegangan terjadi ketika para peserta audisi menghadapi masalah masing-masing. Lebih dramatis lagi, gedung teater Buster disita bank karena dia menunggak utang. Bagaimana Buster mempertahankan gedung pertunjukannya? Siapakah peserta terbaik ketika  bernyanyi di panggung?

“Don't let fear stop you from doing the thing you love.” Itulah kutipan filosofis yang diucapkan Buster dalam film ini. Itu seperti jadi kalimat sakti, tidak hanya menginspirasi tokoh-tokoh pada film ini, tetapi juga bisa mengilhami penontonnya. Kutipan itu sungguh jadi pesan berharga.

Sing merupakan karya kolaborasi sutradara Garth Jennings dan Christophe Lourdelet. Mereka berhasil ‘mengawinkan’ spesial efek animasi 3D dengan pengisahan sederhana, namun sangat dekat dengan kehidupan keseharian manusia. Tokoh-tokoh binatang dalam film ini adalah cerminan aneka karakter manusia itu sendiri.

Beberapa bintang Hollywood jadi pengisi suara tokoh-tokoh film ini, antara lain: Matthew McConaughey [Buster Moon], Reese Whitherspoon [Rosita], Scarlett Johansson [Ash], dan Seth MacFarlane [Mike].

Film untuk segala usia ini layak sebagai nominee Golden Globe 2017 atau Oscar 2017 untuk kategori film animasi terbaik, tata suara, dan lagu terbaik.

Nah, kamu suka nyanyi sekaligus ingin terhibur dengan tingkah polah binatang, segera tonton filmnya di jaringan bioskop Cinema 21/XXI. [][teks @firza | foto Illumination Entertainment]