}
Collateral Beauty: Cinta, Waktu, Kematian
Film

Collateral Beauty: Cinta, Waktu, Kematian

by Sherra
Fri, 16-Dec-2016

Kehilangan memang hal yang berat. Apalagi kehilangan orang yang sangat dicinta. Itulah yang dirasakan Howard [Will Smith] dalam film Collateral Beauty. Ia adalah pemimpin perusahaan biro iklan yang memiliki jiwa yang positif, penuh semangat, dan percaya diri.

Semua berubah ketika Howard kehilangan putrinya yang sangat disayang. Howard kian terpuruk dan tak peduli apabila kehilangan yang lainnya. Termasuk perusahaan yang ia bawahi. Dia jadi kuyu, murung, berhenti berbicara pada siapa pun, seakan mundur dari kehidupan.

Howard juga mencari jawaban dari alam semesta dengan menulis dan mengirim surat untuk Cinta, Waktu, dan Kematian. Melihat keadaan Howard yang menyedihkan seperti itu, membuat teman-temannya: Whit [Edward Norton], Claire [Kate Winslet], Simon [Michael Peña] khawatir dan berusaha agar Howard kembali seperti sedia kala.

Akhirnya mereka menyewa aktor teater: Amy [Keira Knightley], Raffi [Jacob Latimore], dan Brigitte [Helen Mirren] agar menjadi Cinta, Waktu, dan Kematian untuk menyadarkan Howard. Apakah para aktor sewaan itu berhasil membuat Howard bangkit dari keterpurukan?

Film ini nggak cuma fokus ke kisah Howard, tapi juga kisah teman-temannya yang tanpa disadari berurusan dengan cinta, waktu, dan kematian. Ya, film ini mencoba memberikan kita motivasi bahwa di balik bencana atau musibah pasti ada keindahan yang menanti. Jadi, jangan terus menerus menyalahkan keadaan dan terpuruk. Tapi tentu tiap penonton bisa saja menangkap arti yang berbeda dari istilah “collateral beauty” di film ini.

Kisahnya menyentuh dan bikin terharu. Apalagi buat penonton yang pernah berada di posisi Howard atau rekan-rekannya. Tonton aja bagaimana Will Smith kembali berjuang di situasi yang sulit layaknya di film Pursue of Happiness. Collateral Beauty disutradarai David Frankel. Naskahnya ditulis oleh Allan Loeb.

“We’re here to connect. Love, time, death. Now these three things connect every single human being on earth. We long for love, we wish we had more time, and we fear death.” ~ Howard Inlet

[][teks @saesherra | foto Warner Bros. Picture]