}
Balllerina: Gadis Yatim Piatu Penari Balet
Film

Balllerina: Gadis Yatim Piatu Penari Balet

by Yogira
Fri, 30-Dec-2016

Ballerina atau penari balet biasanya dari keluarga terhormat. Tapi film ini mengangkat kisah ballerina yang hidupnya sempat melarat.

Félicie Milliner adalah gadis yatim piatu yang bermimpi jadi penari balet. Dia dan Victor --sahabatnya-- kabur dari panti asuhan menuju Paris. Félicie masuk ke gedung pertunjukan balet dan dia berjuang keras mewujudkan impiannya sebagai seorang ballerina. Namun sampai di sana, dia malah kena hina. Félicie kikuk karena memang tak punya dasar pelajaran balet. Apalagi ada gadis penari balet yang menyebalkan, seringkali mengejeknya. Dia menganggap Felice bukanlah apa-apa!

Di Paris, Félicie dan Victor terus berupaya mengejar cita-cita sekaligus mewujudkan impiannya. Kalau Félicie tetap keukeuh ingin jadi ballerina, Victor ingin jadi insinyur karena punya bakat-ngotak-ngatik sesuatu, termasuk memperbaiki kotak musik kesayangan Félicie. Pertemanan  Félicie dan Victor sempat pecah karena ada Rudy, cowok penari balet. Rudy mencintai Félicie karena kagum atas kerja kerasnya ingin jadi penari balet. Tapi di sisi lain, Victor jadi cemburu dengan kedekatan mereka. Pertengkaran pun terjadi dan mengganggu persiapan Félicie yang akan mengikuti audisi penari balet. Lantas, bagaimana Félicie mengatasi segala perkara yang menghambat cita-citanya? Siapakah orang yang mengajarkan Félicie sebagai penari balet?

Ballerina adalah film animasi sarat inspirasi. Pengisahan dan pesan moralnya mampu ‘mengocok’ emosi. Lucu, haru, tegang, dan sebal secara bergantian bisa dirasakan penonton. Ini berkat kematangan skenarionya, yang ditulis keroyokan oleh Carol Noble, Eric Summer, dan Laurent Zeitoun.  Penggarapan animasinya pun terlihat indah dan apik.

Dari sisi perjuangan tokohnya, film ini mirip dengan Karate Kid, terutama dari cara melatih mental dengan perkakas seadanya. Juga cerminan hubungan murid dan guru dalam film Ballerina nggak jauh beda seperti dalam film Karate Kid.

Film produksi Prancis ini tak kalah dengan produk film animasi buatan Hollywood. Malah dari sisi penyajian cerita, Ballerina menyuguhkan adegan-adegan lebih terasa ‘halus’ dan tak berlebihan hingga cocok ditonton untuk siapa saja. Nah, kamu ingin menonton film animasi indah dan berkualitas, tonton saja Ballerina di bioskop Cinema 21/ XXI. [][teks @firza | foto Quad Productions]