}
The Great Wall: Legenda di Tembok China
Film

The Great Wall: Legenda di Tembok China

by Yogira
Wed, 04-Jan-2017

The Great Wall atau Tembok China adalah warisan budaya melegenda dan mendunia. Tapi mungkin hanya sedikit orang tahu di balik legenda itu.

Ada banyak versi tentang legenda Tembok China. Nah lewat film The Great Wall, sutradara Zhang Yimou mencoba menampilkannya dari sumber legenda menarik, yaitu  makhluk yang hendak memporak-porandakan Kerajaan China pada zaman dulu. Uniknya dalam pengisahannya, ternyata ada ‘bule’ yang nimbrung untuk melawan makhluk-makhluk itu.

William Garin [Matt Damon] dan Pero Toval [Pedro Pascal] adalah dua ksatria berkulit putih yang datang ke daratan China untuk mencari bubuk hitam berharga sebagai bahan senjata. Namun, dalam perjalanannya, mereka malah tergiring oleh pasukan kerajaan China dan akhirnya ditangkap di Tembok Raksasa. William dan Pero semula bingung karena para tentara di Tembok Raksasa menanti kedatangan musuh. Barulah mereka sadar setelah mendapatkan penjelasan dari Jendral Shao [Hanyi Zhang] dan komandan Lin Mei [Jing Tian]  bahwa musuh yang akan menyerangnya adalah ribuan monster menakutkan, yang disebut Taotie.

Ketika pertempuran terjadi di Tembok China, William dan Pero terpaksa ikut melawan Taotie. Keahliannya dalam bertarung dan memanah mendapat pujian dari Jendral Shao. William dan Pero dianggap pahlawan dan dibebaskan dari tahanan. Di benteng Tembok Raksasa, ternyata ada seorang berkulit putih, yang sudah lama tinggal di sana. Siapakah lelaki itu? dan apa yang terjadi selanjutnya ketika lelaki itu mengajak kabur William dan Pero dari Tembok China?

The Great Wall termasuk karya sinema mengagumkan, baik dari latarbelakang pengisahannya maupun sinematografi, artistik, dan efek visualnya. Sebagai sutradara, Zhang Yimou berhasil ‘mengawinkan’ setting kultur peradaban China zaman dulu dengan teknis filmis terkini, terutama untuk penggambaran Tembok China yang tampak jadi  kian indah, berikut situasi di sekitarnya. Kreasi monster Taotie juga sangat mencuri perhatian. Makhluk ini sangat berkarakter: buas, culas dan cerdas. Taotie adalah simbol makhluk serakah. Dalam film ini Taotie benar-benar jadi antagonis sejati.

Jangan lupakan juga kehadiran aktris Jing Tian. Berperan sebagai komandan cantik, luwes tapi cekatan, Jing Tian menjadi primadona atas kecantikannya yang menawan. Sedangkan untuk urusan kualitas akting, Pedro Pascal layak diacungi jempol  sebagai aktor paling berhasil memainkan karakternya. Kamu penyuka Andy Lau? Pada film ini, dia berperan sebagai ahli strategi perang yang jenius.

Kalau kamu penyuka film perang kolosal dengan setting zaman dulu, The Great Wall layak jadi tontonan pilihan tahun baru. So, segera bergegas saja ke bioskop Cinema 21/XXI. [][teks @firza | foto Legenda Pictures]