}
Arrival: Misteri Bahasa Alien
Film

Arrival: Misteri Bahasa Alien

by Yogira
Sat, 07-Jan-2017

Sudah banyak film tentang alien. Tapi Arrival seperti pembeda. Tidak klise. Kedatangan alien bisa dikompromikan, tak melulu langsung dilawan, bahkan diluluhlantakan karena divonis musuh yang membahayakan.

Siapapun di muka bumi ini pasti ketar-ketir kalau mendadak ada makhluk luar angkasa ‘bertamu’ tanpa diundang. Kondisi ini tergambarkan juga pada film Arrival, yang diangkat dari cerpen berjudul "Story of Your Life" karangan Ted Chiang.

Kisahnya bermula dari kedatangan 12 pesawat luar angkasa yang mendarat di berbagai area di dunia, salah satunya di Montana, Amerika. Guna menyelidiki tujuan penumpang pesawat itu datang ke bumi, militer Amerika meminta bantuan pakar linguistik, Louise Banks [Amy Adams] dan ahli fisika, Ian Donnelly [Jeremy Renner] atas rekomendasi Kolonel Weber [Forest Whitaker].

Semula Louise takut plus bingung tak kepalang ketika diminta berkomunikasi dengan alien di dalam pesawat yang mirip tempurung. Untung, ada Ian. Dia lebih santai dan selalu menenangkan Louise ketika menghadapi ‘meeting’ dengan alien.

Meski  mentalnya sedikit terganggu terkait masalah keluarga dan anak, yang terus membayanginya, Louise akhirnya bisa berkomunikasi secara terbatas dengan dua alien. Bahasa alien yang rumit menjadi bahan riset tersendiri bagi Louise, Ian, dan pasukan militer. Mereka ingin tahu, apa sih maunya alien?

Louise tetap keukeuh bahwa kedatangan alien ke bumi bukan mau menantang perang. Tapi penilaiannya tak digubris militer, apalagi setelah mereka tahu bahwa militer dari China dan militer negara lainnya memutuskan perang. Mereka siap menghancurkan pesawat alien kalau tak segera enyah dari muka bumi. Lantas, bagaimana Louise memastikan bahwa alien yang datang bukanlah musuh perang? Bagaimana dia dan Ian menerjemahkan bahasa alien?

Arrival termasuk film yang unik sebagai pembuka tahun baru. Rata-rata film lebih memperlihatkan keunggulannya secara visual, tapi ini malah kelebihannya audio-nya. Tata suara dan ilustrasi musik ciamik, bikin hati 'bergidik'. Musik dalam film ini mampu menggiring ketegangan kepada penonton. Padahal bumbu action-nya nyaris tak terasa. Jangan lupa, acungan pantas untuk  Amy Adams atas aktingnya yang berkelas. Dia bisa masuk nominasi Oscar lagi tahun ini.

Pada awal tahun 1980-an, Steven Spielberg menggarap film E.T. the Extra-Terrestrial sebagai salah satu film alien yang legendaris sepanjang masa. Pada film itu pun Spielberg memperlakukan alien bukan sebagai musuh, tapi sebagai teman rahasia seorang anak. Namun dari sisi pendekatan sains ilmiah, E.T bukanlah apa-apa ketimbang Arrival. Sutradara, Denis Villeneuve dan penulis skenario Arrival, Eric Heisserer mampu menyuguhkan kehadiran alien di bumi terasa nyata, seolah-olah bisa saja akan terjadi suatu kali nanti. Apalagi dihubungkan dengan dugaan bahwa makhluk luar angkasa pernah datang pada ribuan tahun lalu ke bumi dan meninggalkan simbol-simbol bahasa, yang sebagian masih misteri.

Boleh percaya atau tidak, yang jelas Arrival memberikan inspirasi betapa pentingnya bahasa. Ingin Lebih jelas? ya tonton saja filmnya di bioskop Cinema 21/XXI. [][teks @firza | foto Lava Bear Films]