}
A Gift: Proyek Mengenang Raja Thailand
Film

A Gift: Proyek Mengenang Raja Thailand

by Sherra
Thu, 12-Jan-2017

Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej meninggal dunia pada usia 88 tahun. Beliau menjadi raja terlama di dunia dan memegang tahta sejak 9 Juni 1946. Ya, 70 tahun lamanya. Raja Bhumibol dikenal sebagai tokoh yang mampu mempersatukan Thailand di tengah persoalan korupsi dan gejolak politik yang membelit Thaiand. Nggak heran kalau rakyat Negeri Gajah Putih sangat menghormatinya.

Nah, A Gift merupakan film yang dibuat sebagai penghormatan untuk Raja Bhumibol dengan menonjolkan tiga musik ciptaan sang raja dalam drama romantis. Setiap komposisi musiknya menjadi bagian penting dalam setiap cerita. Unik, A Gift dibagi menjadi 3 bagian cerita yang masih berkesinambungan secara apik.

Kisah pertama adalah tentang dua remaja yang tidak saling mengenal bernama Beam [Nine Naphat] dan Pang [Violette Wautier]. Mereka diminta untuk menjadi suami istri dalam gladiresik upacara penghargaan beasiswa Rusia dan jamuan makan. Dalam cerita ini, Pang menyanyikan lagu cinta "Love at Sundown" saat upacara berlangsung. Cerita ini dibesut Sutradara Chayanop Boonprakob dan Kriangkrai Vachiratamporn. Dari ketiga drama yang disuguhkan, kisah pertama ini bisa dibilang yang paling romantis dan bikin baper.

Kisah kedua dibintangi Sunny Suwanmethanont and Nittha Jirayungyurn. Menceritakan Fa, seorang anak yang merawat ayahnya yang menderita Alzehimer. Ia berusaha untuk memainkan lagu "Still on My Mind" dengan piano demi sang ayah yang ingatannya memudar. Fa dibantu oleh Aey, seorang tukang stem piano langganan ibunya untuk berlatih main piano. Cerita yang disutradarai Nithiwat Tharatorn ini benar-benar mengundang airmata. Sedih dan bahagia jadi satu. Lagu "Still on My Mind" adalah lagu pertama yang diciptakan oleh Raja Bhumibol baik musik dan lirik berbahasa Inggris.

Terakhir, beralih ke cerita yang digarap sutradara kawakan, Jira Maligool. Llong [Ter Chantavit] dan Kim [Noona Neungthida] adalah dua karyawan yang mengusahakan agar ruangan musik ada di kantor mereka. Dengan segala jerih payah dan kekonyolan, Llong, Kim, dan hampir semua rekan kantor berlatih bermain musik "New Year Greeting" untuk dipertontonkan kepada pimpinan kantor. Cerita satu ini menyuguhkan kekonyolan yang ngocok perut. Oh iya, lagu "New Year Greeting" ditulis sang Raja sebagai hadiah Tahun Baru untuk rakyat Thailand pada tahun 1952 lho.

Film ini bisa disebut paket lengkap untuk sebuah drama. Semua ceritanya menyatu dalam proporsi yang adil. Nggak tumpang tindih. Penasaran gimana akhir dari cerita mereka? Tonton aja, udah tayang lho di jaringan CGV dan Cinemaxx. [][teks @saesherra | foto Film Publicist]