}
Monster Trucks: Lucunya Truk Bermesin Monster
Film

Monster Trucks: Lucunya Truk Bermesin Monster

by Yogira
Mon, 23-Jan-2017

Gila, dahsyat, dan liar! Tiga kata itulah yang paling layak untuk menilai gagasan cerita film ini. Bagi orang awam, mungkin nggak kepikiran, mobil butut loakan tanpa mesin, eh ternyata bisa ngebut karena monster gendut dan lucu.

Monster Trucks kayak kisah ngibul. Mustahil. Masa ada sih mobil tanpa mesin bisa bergerak selayak mobil normal lantaran di jeroannya ada monster?

Nah, film ini bisa meyakinkan penontonnya secara ilmiah bahwa truk bisa melaju kencang, bahkan akrobat kalau bermesin monster yang cerdas. Monsternya cuma tokoh rekaan. Tapi penulis  skenario dan sutradara film ini berupaya menggiring penonton pada pemahaman masuk akal terkait asal usul dan tingkah laku Si Monster.

Bermula dari insiden di pengeboran minyak. Perusahaan minyak yang menjalaninya panik karena ada makhluk misterius muncul ke permukaan bumi. Makhluk itu  berkeliaran ke kota. Banyak mobil jadi bolong-bolong. Semula nggak ada yang tahu, makhluk itulah yang bikin mobil jadi rusak.

Seorang cowok SMA bernama Tripp [Lucas Till] nggak sengaja bertemu Sang Monster di lokasi penggilasan mobil bekas, tempat dia bekerja. Semula Tripp gentar karena terancam dengan makhluk buncit bertentakel itu. Tapi  perlahan Tripp merasa iba. Ternyata, monster itu  suka makan oli. Tripp menyuapinya dengan oli. Si Monster kenyang hingga mabok oli.

Tripp memberi nama Creech untuk Si Monster itu. Mereka kemudian bersahabat, apalagi setelah Tripp tahu, Creech adalah monster cerdas. Dengan tentakelnya yang licin dan seperti beraliran listrik, Creech bisa menggerakan roda dengan membelitkan tentakel pada garden/as mobil. Tentu saja, Tripp jadi senang tak kepalang.

Tripp mencoba menyembunyikan Creech dari siapapun termasuk teman ceweknya, Meredith [Jane Levy]. Namun akhirnya rahasia Tripp terbongkar pasca para petugas perusahaan minyak mencurigainya. Tripp dan Meredith diburu karena dianggap melindungi monster berbahaya. Pasangan muda ini mencoba kabur dengan mengendarai truk bermesin monster Creech agar jauh dari kejaran sheriff dan petugas perusahaan minyak. Bagaimanakah Tripp merancang truk bututnya berfungsi lagi dengan bantuan monster Creech? Bagaimana dia memulangkan Creech ke habitat aslinya?

Bagi penggila otomotif, terutama penggemar mobil offroad, istilah “monster truck” nggak asing lagi. Mobil berpenampilan kokoh dan jantan ini semacam truk pickup yang sudah dimodifikasi dan mulai populer sejak tahun 1970-an. Nah, film ini bisa memamerkan keunggulannya secara luar biasa. Lucunya, monster truck dalam film ini benar-benar dalam pengertian sebenarnya. Ada truknya, ada monsternya.

Meskipun jalan ceritanya mudah ditebak dan cenderung garing, toh penonton akan tertawa, terpana, dan terbelalak oleh adegan aksi kebut-kebutan mobil raksasa itu.

Elemen animasi pada film ini memperindah gerak-gerik Sang Monster, dan tentu juga atraksi mobilnya. Monster Trucks membawa pesan berharga. Ya, semacam sindiran bahwa ekploitasi berlebihan pada minyak bumi akan berakibat fatal.  Efeknya bisa mengganggu habibat makhluk hidup dan bahkan bisa merusak kehidupan umat manusia.

Ide cerita Monster Trucks memang terkesan ngelantur. Tapi film ini sangat  menghibur dan cocok ditonton semua umur. Nantikan tayangannya di bioskop Cinema 21/XXI.  [][teks @firza | foto Paramount Animation, Nickelodeon Movies]