}
Galih & Ratna Naik Layar Lebar Lagi
Film

Galih & Ratna Naik Layar Lebar Lagi

by Pandu
Sun, 29-Jan-2017

Setelah melewati tiga dekade, kisah Galih & Ratna di film Gita Cinta dari SMA diangkat lagi layar lebar. Dimodifikasi sedemikian rupa agar pas dengan generasi millennial. Adalah Lucky Kuswandi, sineas yang mengudara lewat Selamat Pagi, Malam, menyutradari film rekaan ini.

“Ini akan menjadi berbeda dengan film yang sudah ada. Dari segi plot. Saya ingin membangun mood yang sederhana, melankolis dan komedi di Galih & Ratna yang sekarang,” terang sutradara yang dikenal detil oleh pemerannya.

Lucky Kuswandi tidak asing dengan kisah Galih & Ratna. Untuk mendalamkan penulisan naskah, ia membaca lagi novel karya Eddy D. Iskandar. Supaya bisa menyerap semangat yang terkandung.

“Galih dan Ratna adalah sebuah kisah mengenai kehidupan remaja dalam transisi. Mereka hanya memiliki satu sama lain untuk diam-diam menyemangati dan mengejar mimpi mereka,” tambah Lucky.

Ia berusaha mereka-ulang perasaan ketika bertemu cinta pertama. Yang diharapkan bisa menggugah penonton. Elemen musik yang kuat di film asli, dipoles lagi supaya pas dengan era sekarang.

Ada satu scene legendaris, ketika Galih dan Ratna pacaran dan rantai sepeda mereka putus. Lucky merekam adegan itu lagi. Meski akhirnya tidak dipakai. “Saya rasa dengan adanya Rano Karno dan Yessi Gusman yang ikut bermain di film ini, sudah menggugah memori kita lagi tentang film yang lama.”

Galih & Ratna era kini diperankan Refal Hady dan Sheryl Sheinafia. Serta didukung Marissa Anita, Joko Anwar, Ayu Dyah Pasha, Hengky Tornado, dan tentu saja Rano Karno dan Yessy Gusman.

Film ini akan serentak ditayangkan di bioskop nasional, Malaysia, dan Brunei Darussalam pada 9 Maret 2017. [][teks & foto @haabibonta]