}
Journey to The West 2: Cara Kocak Lawan Iblis
Film

Journey to The West 2: Cara Kocak Lawan Iblis

by Yogira
Sat, 18-Feb-2017

Siapa nggak kenal kisah Kera Sakti? Yup, dia lah Sun Go Kong. Tokoh rekaan yang mungkin bisa jadi mitos karena memang populer ke seantero dunia. Raja Monyet ini adalah salah satu karakter dalam novel klasik Tiongkok bertajuk asli Xi You Ji [Perjalanan ke Barat]. Konon, karya sastra ini terbit pada zaman Dinasti Ming.

Saking legendaris novel dan semua karakter tokohnya, tak salah Stephen Chow mengapreasiasinya menjadi karya sinema berjudul Journey to The West, yang rilis pada tahun 2013. Nah, tahun ini Chow kembali mempersembahkan sekuelnya dengan judul Journey to the West: The Demons Strike Back. Kali ini Chow jadi produser dan penulis skenarionya. Untuk urusan sutradara, dia mempercayakan Tsui Hark.

Seperti film pertama, Journey to the West 2 tetap mengisahkan petualangan biksu Tong bersama tiga muridnya yang sakti, Sun Go Kong, Tie Pat Kay, dan Sam Cheng. Mereka sempat ngamen demi memperpanjang perbekalan selama ziarahnya. Tong meminta tiga muridnya itu memamerkan kesaktiannya agar mendapatkan sumbangan dari penonton. Namun Kong, Kay, dan Cheng ogah meladeninya, seperti malas beraksi. Tapi akhirnya, mereka mau dengan terpaksa. Aksinya membuat kagum banyak penduduk yang menontonnya.

Tong dkk melanjutkan perjalanan ke Barat. Kong yang piawai mencium gelagat ada iblis, selalu tak digubris Tong. Tong kerap tak mempercayainya. Suatu kali terbukti lah kesaktian Kong bahwa ada beberapa iblis yang siap menyerang mereka.

Pertarungan dengan iblis-iblis sakti tak terelakan. Kong, Kay, dan Cheng memperlihatkan kesaktianya dan selalu mampu membabat iblis-iblis yang mengancam nyawanya. Perjalanan mereka berlanjut hingga ke sebuah istana raja, yang dihuni raja berkelakukan bocah. Si raja sempat membenci kedatangan Tong dkk. Namun perdana menteri cantik di istana itu bisa meredakan ketegangan raja dengan Tong dkk. Apa yang dilakukan Tong dkk di kerajaan itu? Iblis mana lagi yang jadi musuhnya?

Tak pelak, Journey to the West: The Demons Strike Back akan bikin penonton terbahak. Humor hiperbolis Stephen Chow kembali terasa lagi, baik dari dialog antartokoh, maupun dari aksi perkelahian, berikut efek visualnya. Mungkin tak sempat habis 3 menit, ada saja adegan atau scene yang mengundang senyum, bahkan tawa.

Dekorasi film ini terbilang indah. Tsui Hark mampu memperlihatkannya dalam perpindahan gambar yang dinamis. Dalam soal jalan cerita, jangan terlalu serius mencermatinya, toh film ini lebih memamerkan aksi kelahi dengan bumbu humor, yang bikin rasa galau jadi kendor. Nggak percaya? Tonton saja filmnya di bioskop 21/XXI. [][teks @firza | foto Star Overseas]