}
Kong Skull Island: King Kong di Pulau Maut
Film

Kong Skull Island: King Kong di Pulau Maut

by Yogira
Mon, 13-Mar-2017

Kurang gaul amburadul kalau kamu nggak kenal King Kong. Karakter binatang fiktif ini pertama kali dibuat filmnya pada tahun 1933. Sejak itulah sosok gorilla raksasa itu kian tenar hingga sekarang sebagai karakter dalam film layar lebar. Nah, film Kong Skull Island adalah salah satu karya sinema terbaik di antara film King Kong sebelumnya.

Film petualangan besutan sutradara Jordan Vogt-Roberts itu mengumbar banyak aksi yang menghibur, tapi tidak kacangan. Malah dari sisi cerita dan setting lokasi, Kong Skull Island terasa lebih asyik ketimbang King Kong versi Peter Jackson, yang menyuguhkan gambaran lebay dan klise terkait hubungan kasih sayang Kong dengan Ann Darrow. Nah, pengisahan seperti itu digambarkan secuil saja pada film Kong Skull Island.

Kisahnya dimulai dari peristiwa Perang Dunia II. Dua penerbang yang bermusuhan jatuh di pulau terpencil. Keduanya berkelahi hingga ke bibir jurang.  Tiba-tiba muncul makhluk raksasa yang menakutkan.  

Beberapa tahun kemudian, pulau itu menarik perhatian seorang peneliti bernama Bill Randa [John Goodman]. Dia memita pemerintah Amerika untuk mengizinkan ekspedisi ke pulau di Asia Pasifik itu.  Dibantu pasukan militer yang dikomandoi Letnan Kolonel  Preston Packard [Samuel L. Jackson] dan ahli pelacak James Conrad [Tom Hiddleston], mereka datang bersama rombongan lainnya ke pulau yang bentuknya mirip tengkorak.

Tapi ketika sampai di sana, mereka malah berhadapan dengan gorilla raksasa yang disebut Kong. Pasukan militer yang mendampingi para peneliti malah ingin membunuh Kong karena dianggap ancaman. Maka pertempuran di antara mereka membuat Pulau Tengkorak jadi kian rusak. Lebih mencekam lagi, di pulau misterius itu ada makhluk raksasa lainnya yang sangat berbahaya. Bagaimana mereka bisa menyelamatkan diri dari pulau maut tersebut? Sebenarnya tujuannya apa sih peneliti itu datang ke Pulau Tengkorak?

Kong Skull Island boleh dibilang film drama adventure terbaik dalam pertengahan tahun ini. Sinematografi dan editing gambarnya indah dan menggelitik emosi, terutama saat King Kong memporak-porandakan sejumlah helikopter militer dan saat dia bertarung dengan monster lainnya.

Setting film ini juga indah. Terasa sekali daerah alam tropis di Asia Tenggara. Patut diacungi jempol akting Samuel L Jackson, sebagai seorang militer yang bandel, keji, dan obsesif. Akting dia benar-benar memancing rasa sebal, persis ketika dia berakting dalam film Django Unchained.

Panorama pulau yang indah dalam film ini kian lengkap dengan kehadiran dua perempuan cantik, yakni Brie Larson [aktris terbaik Oscar 2016]. Dalam film ini dia berperan sebagai Mason Weaver, seorang fotografer. Satu lagi aktris Asia cantik, Jing Tian, yang berperan sebagai peneliti. Sebelumnya dia juga mencuri perhatian dalam film The Great Wall.

Nah, segera bergegas ke bioskop 21/XXI, terutama dengan layar 3D, dijamin film ini menghibur dan cocok ditonton bersama keluarga.  [][teks @firza | foto Legendary Pictures]