}
Sosok Kartini Difilmkan Lagi
Film

Sosok Kartini Difilmkan Lagi

by Pandu
Wed, 15-Mar-2017

Perfilman tanah air sedang bingar dengan film-film biopik tokoh-tokoh nasional. Sebut saja Rudi Habibie yang bisa melahirkan tiga sekuel. Kali ini Hanung Bramantyo bekerja sama dengan Robert Ronny menggarap film Kartini. Hanung bukanlah sutradara pertama yang menggarap film tentang Kartini. Pada tahun 1982, terbit film berjudul RA Kartini dengan sutradara Sjumandjaja, sedangkan pemeran Kartini adalah Yenni Rachman.

Hampir serupa dengan film RA Kartini terdahulu, film Kartini versi Hanung tetap mengungkap  kegelisahan Kartini yang tumbuh sebagai putri seorang pejabat pemerintahan. Pertentangan batin Kartini untuk memajukan rakyatnya, seolah bertolak belakang dengan kemegahan rumah tempat tinggalnya sebagai anak seorang priyayi Jawa.

Ya, memang, Kartini adalah seorang wanita darah biru yang diangkat jadi Pahlawan Nasional karena menggagas emansipasi perempuan dan kesetaraan pendidikan di Jawa.


“Membuat film biopik, apalagi juga sebuah film periodik, tentu tidak main-main. Salah satu kendala yang paling besar adalah menyiasati lokasi yang sudah tidak otentik lagi,” terang Hanung Bramantyo.

Hanung mempercayakan Dian Sastrowardoyo untuk memerankan Kartini. Lalu Adinia Wirasti, sebagai Sulastri, kakak tiri Kartini. Ada juga Denny Sumargo, sebagai Slamet Sosroningrat, kakak tertua. Rencananya film ini akan mulai tayang di bioskop per 20 April mendatang. [][teks @HaabibOnta | foto PR]