}
Film Perdana Garapan Jay Subiakto
Film

Film Perdana Garapan Jay Subiakto

by Pandu
Tue, 01-Aug-2017

Setelah 17 tahun masuk ke dunia perfilman, Jay Subiakto akhirnya pecah telur, bersamaan dirilisnya film Banda yang ia sutradarai. Film perdananya ini akan tayang pada 3 Agustus di bioskop terpilih.

Banda adalah film fitur dokumenter yang bercerita tentang sejarah Pulau Banda saat masa penjajahan baru dimulai. Banda yang terdiri dari gugusan pulau kecil pernah diperebutkan empat negara, Portugal, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Sebab, di sini penghasil pala terbaik di seluruh dunia.

Di masa itu, pala lebih bernilai daripada emas atau pun kain sutra. Ekspedisi mengelilingi dunia pun dilakukan untuk mencari rempah terbaik. Hingga akhirnya mereka sampai ke Pulau Banda.

“Saya tahun lalu ditawari Lala [Sheila Timothy] untuk jadi sutradara film ini. Langsung saya terima karena topiknya menarik. Dan sejauh ini, baru Lala yang cukup gila nawarin saya proyek film,” aku Jay.

Pria 56 tahun ini menghabiskan 16 tera byte untuk data klip selama syuting di Banda. Bahkan ia perlu waktu dua bulan untuk libur sementara, karena banyaknya gambar yang harus ia sortir.

“Saya bilang ke Lala untuk tidak melihat karya dokumenter yang pernah dibuat. Bebaskan saya berekspresi untuk membuat sesuatu yang baru untuk dilihat,” jelas Jay.

Lalu jadilah sebuah film dokumenter padat, dengan teknik edit 'fast cut'. Sesuai gaya Jay, ditambah gambar-gambar blur, karena begitulah mau dia. Selama pengerjaan, Jay memakai enam kamera untuk syuting di Banda. [][teks & foto @haabib_onta]