}
An Inconvenient Sequel: Truth To Power; Film Perjuangan Al Gore
Film

An Inconvenient Sequel: Truth To Power; Film Perjuangan Al Gore

by Intern 2
Wed, 23-Aug-2017

An Inconvenient Sequel: Truth To Power adalah sekuel dari An Inconvenient Truth, yaitu sebuah film dokumenter tentang perubahan iklim, yang dibawakan mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Albert Arnold Gore Jr. atau lebih dikenal dengan Al Gore, yang pertama kali dirilis pada tahun 2006.

Pemutaran film ini diadakan di Jakarta [21/8], yang dihadiri berbagai kalangan, mulai dari artis, komunitas film, ilmuwan, pejabat pemerintah, mahasiswa, dosen, perusahaan swasta, BUMN dan aktivis serta jurnalis.

foto Rayni Massardi

“Pemutaran film ini merupakan momen unik untuk mengumpulkan teman dan jaringan, serta meminta mereka untuk membantu meyakinkan semua kalangan, bahwa krisis iklim adalah isu yang harus diperhatikan saat ini dan masa mendatang,” tutur Amanda Katili Niode PhD, Manager The Climate Reality Project Indonesia.

Dalam acara tersebut, Dr. Kartini Sjahrir, Pembina Climate Reality Indonesia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan berharga untuk membantu meningkatkan kesadaran dan mempercepat solusi global terhadap krisis iklim dengan aksi yang dibutuhkan di setiap lapisan masyarakat. Dalam premiere ini, Dr. Kartini memberikan buku dengan judul Truth To Power kepada penyandang dana kegiatan ini.

Al Gore, dalam film ini membangkitkan semangat dan menunjukkan kedekatan umat manusia dengan revolusi energi sejati, yaitu tenaga alam. Selain itu, Al Gore melanjutkan perjuangannya yang tak kenal lelah berkeliling dunia melatih pejuang iklim hingga usahanya untuk mengubah program kelistrikan negara berkembang yang sebelumnya memakai batubara, untuk segera memakai Pembangkit Listrik Tenaga Surya [PLTS].

Banyak momen pribadi maupun publik yang lucu dan getir, saat dia mengejar gagasan inspiratif.  Walaupun itu berisiko tinggi, bahaya perubahan iklim dapat diatasi dengan akal dan semangat manusia. Prediksinya mengenai bencana banjir yang terjadi pada 911 Memorial Museum yang sebelumnya ditertawai sejumlah publik, ternyata benar-benar terjadi. Saat ini banyak publik dari seluruh dunia ikut bergabung dalam "gerakan" Al Gore hingga saat ini. [][teks @apra_manuela | foto festival-cannes.com, cdn.newsapi.com.au, berbagai sumber]