}
American Made: Kisah Pilot Kurir Narkoba
Film

American Made: Kisah Pilot Kurir Narkoba

by Yogira
Mon, 28-Aug-2017

Siapakah “raja kokain” kelas dunia yang jadi momok menakutkan negeri Paman Sam, Amerika? Jawabannya adalah Pablo Escobar. Dia lah salah satu penyelundup kokain terbesar dalam sejarah dunia. Meski begitu, Escobar takkan mampu jadi penjual kokain tenar ke Amerika kalau tanpa Barry Seal. Siapakah dia?

American Made adalah film yang mengangkat sepak terjang Barry Seal, yang berkongsi dengan Escobar agar kokain bisa sampai ke Amerika melalui jalur penerbangan. Barry adalah pilot sekaligus kurir, yang dibayar mahal Escobar cs untuk mengangkut bungkusan paket kokain dengan pesawat yang diterbangkannya. Lantas dia menjatuhkan semua paket koin tersebut di daerah-daerah sepi di Amerika.

Sepak terjang Barry seperti itu memang kenyataannya terjadi pada tahun '70-an hingga '80-an. Nah, dalam film ini aktor yang memerankan tokoh Barry adalah Tom Cruise. Dia kembali bekerjasama dengan sutradara Doug Liman, yang pernah membuat film Edge of Tomorrow [2014].

Karakter Barry Seal dalam film American Made memang menarik. Semula dia adalah pilot komersial TWA untuk penerbangan di Amerika. Karena prestasi dan pengalamannya, Barry mendapatkan tawaran kerja yang berisiko tapi sangat prestisius, yakni sebagai pilot agen CIA. Tugasnya adalah memfoto sarang-sarang tentara komunis di Amerika Tengah. Barry melakoni pekerjaan ini dengan sukses.

Namun saking seringnya bertugas ke Amerika, dia 'terjebak' dalam pergaulan berbahaya. Barry mendapatkan tawaran kerja dari para gembong narkotika, yang kenal baik dengan Pablo Escobar. Karena bayarannya tinggi, Barry meladeni permintaan para boss narkotika itu. Barry sukses. Uangnya kian berlimpah. Namun, nyawanya mulai terancam. Dia jadi buronan. Di sisi lain, dia harus mengungsikan istri dan anak-anaknya ke daerah tersembunyi.  Bagaimanakah nasib Barry selanjutnya?

Sebagai film yang mengangkat kisah nyata, American Made terbilang berhasil. Alur ceritanya tak terjebak konflik fiktif. So, terasa sekali film ini seperti benar-benar kejadian nyata. Yang keren adalah sinematografinya, yang sengaja memilih tone visual jadul, termasuk set dan wardrobe pemainnya.

Meski film ini lebih terasa drama ketimbang action, toh Tom Cruise mampu mengolah aktingnya mendekati sesuai dengan karakter asli Barry, yang berani, tak gampang puas, dan mencintai keluarga. Bumbu komedi dalam film ini pun tak terkesan lebay.  Cukuplah sebagai penambah selera tontonan. Tapi ingat ya, film ini untuk 21 tahun ke atas. So, perhatikan kategori umur ketika datang ke bioskop Cinema 21/XXI.  [][teks @yogirudiat | Foto Cross Creek Pictures/Imagine Entertainment]