}
Kingsman: The Golden Circle, Misi Lumpuhkan Ratu Narkoba
Film

Kingsman: The Golden Circle, Misi Lumpuhkan Ratu Narkoba

by Yogira
Fri, 22-Sep-2017

James Bond memang seperti ikon spionase gaya Inggris, yang berkali-kali wara-wiri di layar perak. Salah satu agen rahasia MI6 ini selalu menjadi daya tarik film-film bergenre action thriller tentang spionase. Namun, Inggris ternyata punya ikon agen rahasia lain, yang tak kalah menariknya, yakni Kingsman. Memang sih, di industri sinema, Kingsman masih seumur balita dibandingkan serial James Bond, yang sudah terbilang uzur. Tapi jangan remehkan konsep cerita Kingsman yang terasa segar dan sangat menghibur.

Nah, Kingsman kembali menyuguhkan  sepak terjang agen rahasianya.  Pada Kingsman seri pertama, The Secret Service, tokoh Galahad [Colin Firth] menjadi karakter penting sekaligus mentor anggota baru, bernama Eggsy [Taron Egerton]. Tapi pada Kingsman: The Golden Circle, peran Eggsy benar-benar menonjol ketimbang Galahad. Keduanya sama-sama mengemban misi menyelamatkan dunia dari peredaran narkoba berbahaya.

Masih dibantu sang pengatur strategi, Merlin [Mark Strong], Eggsy dan Galahad harus menyerbu markas gembong narkoba di Kamboja. Tapi, sebelumnya mereka harus menghadapi banyak urusan. Pada awal cerita,  Eggsy harus berduel melawan Charlie [Edward Holcroft], yang dulu sempat gagal tes masuk Kingsman. Eggsy terus mencari tahu tindak-tanduk Charlie, yang mencoba membunuh dirinya.

Namun pada masa penyelidikannya, Eggsy nyaris pesimis dan terpuruk karena markas Kingsman dibom, rekan-rekannya tewas, kecuali Merlin. Selanjutnya, Eggsy dan Merlin terbang ke Kentucky Amerika dan bertemu agen Statesman, yang dipimpin Champ [Jeff Bridges]. Dia memiliki anak buah: Tequilla [Channing Tatum], Ginger [Halle Berry], dan Whiskey [Pedro Pascal]. Champ meminta anak buahnya itu membantu Eggsy dan Merlin untuk mengungkap hubungan kejahatan Charlie dengan wabah aneh dari dampak pemakaian narkoba. Setelah diselidiki, ternyata biangnya adalah sang ratu narkoba, yang keji dan sakit jiwa, bernama Poppy Adams [Julianne Moore]. Poppy lah yang mengendalikan peredaran narkoba dari Kamboja hingga pelosok dunia.

Poppy sebenarnya punya obat penawar wabah aneh itu. Dia pun bernegosiasi dengan Presiden Amerika dengan syarat harus memenuhi hak hukum dalam mengedarkan narkoba. Lantas, bagaimana  anggota Kingsman menghentikan kejahatan Poppy dan konco-konconya? Bagaimana juga Galahad bisa muncul lagi pada seri kedua ini?  

Patut diacungi jempol kerja keras Matthew Vaughn sang sutradara sekaligus produser film ini. Dia bersama awak filmnya mengemas Kingsman:The Golden Circle jadi tontonan action thriller, yang sangat menghibur plus racikan komedi yang segar, tapi nggak kampungan.

Kebut-kebutan mobil, kelahi, tembak-tembakan, perangkat teknologi canggih adalah penguat alur film ini jadi mengesankan. Unsur dramatiknya tak lebay. Editing gambarnya proporsional meskipun banyak adegan action. Yang paling menarik adalah sinematografinya. Angle kameranya khas sekali gaya film Matthew Vaught, nyaris senada dengan gaya pengambilan gambar sutradara Guy Ritchie. Nggak usah heran ya,  mereka memang  sobatan, seperti seguru seilmu.

Lebih menghibur lagi adalah munculnya penyanyi Elton John yang berperan sebagai dirinya sendiri. Dalam film ini, sang penyanyi legendaris Inggris ini diculik sekaligus  ‘dipiara’ Poppy sebagai penghibur diri di markasnya.

Nah, kamu yang sudah berusia baligh, 17 tahun ke atas, film ini bisa menjadi salah satu film action terbaik tahun 2017. Nggak percaya? Datang saja ke bioskop Cineplex 21/XXI. [][ teks @yogirudiat | foto Marv Films, Cloudy Productions]