}
Justice League: Bersatunya Lima Jagoan
Film

Justice League: Bersatunya Lima Jagoan

by Hagi
Thu, 16-Nov-2017

Terbayar sudah kepenasaran moviefreak, terutama penggila film DC, tentang Justice League. Pasalnya, Rabu [15/11], besutan Zack Snyder ini mulai tayang di bioskop-bioskop nasional. Dan yeah, film ini benar-benar menampilkan keseruan aksi heroik dari pahlawan-pahlawan super Amerika.

Justice League merupakan sekuel dari Batman v Superman: Dawn of Justice yang menceritakan tewasnya Superman. Kisahnya dimulai ketika Bruce Wayne/Batman [Ben Affleck] mendeteksi keberadaan sejumlah parademon yang mulai menyerang warga bumi. Menyadari bahwa kehadiran kekuatan dari alam lain ini amat besar, ia bersama Diana Prince/Wonder Woman [Gal Gadot], mulai mengumpulkan sejumlah superhero seperti Arthur Curry/Aquaman [Jason Momoa], Barry Allen/The Flash [Ezra Miller], dan Victor Stone/Cyborg [Ray Fsiher]. Berlima mereka melawan kekuatan jahat yang dipimpin Steppenwolf [Ciarán Hinds] itu. Tetapi karena kalah kuat, mereka butuh tambahan bantuan. Batman mengusulkan untuk menghidupkan kembali Clark Kent/Superman [Henry Cavill]. Berhasilkah usaha mereka mengembalikan hidup Kal-El dari Krypton ini? Mudahkah menyatukan lima kepala yang baru saling kenal ini menjadi satu kekuatan super? Mampukah mereka menggagalkan usaha Steppenwolf untuk menguasai bumi?

Membuat film yang menyatukan karakter-karakter kuat dari komik terkenal memang tidak sederhana. Apalagi sejumlah superhero ini sudah duluan tampil ke layar lebar [Batman dan Wonder Woman] serta layar kaca [The Flash]. Agak njomplang jika disejajarkan dengan dua karakter yang baru muncul Aquaman dan Cyborg. Aquaman baru akan ‘berenang’ dengan film sendiri pada Desember 2018, sementara Cyborg --yang dalam komik aslinya mengawali debut karier dari anggota Teen Titans-- entah kapan. Walhasil, harus ada pengisahan latar belakang tentang karakter mereka dulu. Dan jalan cerita pun harus agak menyesuaikan. Seperti yang pernah LINIKINI bahas di sini, anggota pertama versi komik Justice League ada 7 yakni Superman, Batman, Wonder Woman, Aquaman, The Flash, Green Lantern, dan Martian Manhunter. Tetapi di film produksi Warner Bros ini, liga super hanya beranggotakan lima orang --karena Superman dikisahkan sudah mati.

Meski begitu, kehadiran lima superhero ini akan terjelaskan lebih jauh di pertengahan film. Apalagi, musuh mereka terbilang amat sulit dikalahkan. Untungnya kehadiran karakter Barry Alen dan Arthur Curry cukup bisa menurunkan derajat kekelaman film DC --yang terkenal dengan nuansa gloomy ini. Paling tidak, Justice League lebih bisa dinikmati dengan sedikit canda tanpa kening berkerut dibanding Batman v Superman: Dawn of Justice. Kalo Commuters sangsi dengan ulasan ini, silakan buktikan sendiri dengan menonton film ini di bioskop. Dan oh ya, hampir lupa. Jangan buru-buru pergi saat film berakhir, karena ada kemunculan tokoh lain di bagian ending film. Selamat menonton. [][teks @hagihagoromo | foto Warner Bros]