}
Mau Jadi Apa?: Kisah Mahasiswa Soleh Solihun
Film

Mau Jadi Apa?: Kisah Mahasiswa Soleh Solihun

by Hagi
Wed, 29-Nov-2017

Siapapun yang pernah bersekolah, pasti mengalami ditanya, nanti kalo lulus mau jadi apa. Dan premis inilah yang digarap Soleh Solihun. Komika berkacamata ini baru saja merilis film yang ditulis dan disutradarainya bersama Monty Tiwa dengan tajuk Mau Jadi Apa?.

Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini berkisah tentang pengalaman Soleh menuntut ilmu sebagai mahasiswa di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Dikisahkan Soleh bersama Lukman [Boris Bokir], Eko [Awwe], Marsyel [Adjis Doaibu], Syarif [Ricky Wattimena], dan Fey [Anggika Bolsterli] menemui kegamangan saat menjalani keseharian di kampus Jatinangor. Maklum saja, usia mahasiswa memang masanya disorientasi dari cita-cita masa kecil yang bercampur aduk dengan passion masa kini.

Selain dihiasi bumbu roman, persahabatan, kegemaran musik, ada satu lagi yang menjadi topik utama film ini: pers kampus. Soleh menganggap pers mahasiswa yang ada di kampus terlalu serius dengan pokok bahasan yang tak jauh dari politik. Bersama kelima sahabatnya, Soleh lalu menerbitkan Karung Goni, majalah dengan topik yang lebih cair seputar tema anak muda, termasuk gosip. Berawal dari gosip percintaan, isi Karung Goni kemudian menyerempet ke isu berbahaya: kabar tentang dosen yang melakukan pelecehan terhadap mahasiswa. Karena kabar tak sedap itu jadi buah bibir dan menyebar ke mana-mana, sebagai pemimpin redaksi, Soleh dipanggil untuk disidang.

Kehidupan mahasiswa memang bukan tema yang umum diangkat sebagai ide cerita. Tetapi film ini terbilang cukup sukses membawa isu tersebut, mengingat banyak lulusan perguruan tinggi yang masih ragu dengan masa depan mereka. Karena melibatkan beberapa komika sebagai pemerannya, ada banyak kelucuan yang tak berkelanjutan dari sejumlah scenenya. Mereka lebih fokus ke bit-bit yang sengaja dibuat untuk mengocok perut penonton. Meski begitu, chemistry antara para pemain cukup padu yang membuat bangunan cerita menjadi kokoh. Selain para komika, film ini juga dibintangi Aurelie Moeremans, Ronal Surapradja, Tike Priatnakusumah, Joe P Project, Iang Darmawan, Poppy Sovia, Gading Marten, dan sederet bintang lain.

Selain film, Mau Jadi Apa? juga muncul dalam bentuk buku. Mau Jadi Apa? memperpanjang karya Soleh dalam bentuk buku setelah Majelis Tidak Alim, Celoteh Soleh, dan Kastana Taklukkan Jakarta. Yang khas dari Soleh adalah ia lebih banyak bercerita tentang dirinya sendiri. Dan kisah yang terbaru ini seakan menyadarkan siapapun yang menontonnya, bahwa kita pernah, sedang, dan akan terus selalu bertanya, nanti Mau Jadi Apa?. [][teks @evaevilia666 | foto StarVision]