}
10 Fakta Menarik Star Wars: The Last Jedi
Film

10 Fakta Menarik Star Wars: The Last Jedi

by Yogira
Fri, 22-Dec-2017

Penggemar film science-fiction terkena demam Star Wars lagi. Maklum, pada penghujung tahun ini, film Star Wars: The Last Jedi membahana di bioskop seantero dunia. Bahkan, kini tercatat sebagai film box office.

Nggak usah ya kita ngomongin jalan cerita dan kelebihan special effect-nya.Kali-kali dong kita ungkap 10 fakta menarik di balik produksinya. Apa saja ya?

#1.

Rumah produksi, Lucasfilm mengumumkan judul The Last Jedi pada 23 Januari 2017

#2.

Inilah film Star Wars berdurasi paling panjang dari seri Star Wars sebelumnya. Durasi waktu tayangnya 152 menit. Sebelumnya, rekor durasi terpanjang adalah: Star Wars: Episode II - Attack of the Clones [2002], dengan waktu 142 menit.

#3.

Star Wars: The Last Jedi jadi film terakhir Carrie Fisher. Pemeran Leia Organa ini wafat pada 27 Desember 2016.

#4.

Pangeran William dan Pangeran Harry sempat berkunjung ke lokasi syuting di Pinewood Studios. Rumor pun beredar, kedua bangsawan Inggris itu kabarnya akan tampil sebagai cameo dengan memerankan Stormtroopers. Tapi, sayang tak tak ada konfirmasi lagi.

#5.

Film ini rilis dua hari sebelum Sang Sutradara Rian Johnson berulangtahun pada 17 Desember, pada usianya ke-44.

#6.

Inilah film pertama Star Wars, yang menggunakan penceritaan dengan struktur flashback.

#7.

Setelah membaca skrip film ini, Mark Hamill sempat tak setuju dan berdebat dengan sutradara Rian Johnson mengenai arahan terhadap dirinya untuk memerankan Luke Skywalker.

#8.

Menurut stunt coordinator, Liang Yang, Daisy Ridley [pemeran Rey] mampu berlatih memainkan lightsaber lebih cepat. Dia hanya perlu belajar 1,5 jam. Padahal waktu yang diperlukan untuk mempelajari gerakan lightsaber biasanya 3 hari.

#9.

Darth Vader adalah salah satu tokoh antagonis sentral dalam serial Star Wars. Namun pada seri The Last Jedi, penjahat itu tak terlihat batang hidungnya. Malah dalam dialog, kata 'Vader’ hanya disebutkan satu kali.

#10.

Star Wars: The Last Jedi jadi rekor tersendiri untuk film box office. Hanya dalam waktu tiga hari, film ini mencatatkan pendapatan kotor 450 juta dollar. [][teks @yogirudiat/imdb.com  | foto Lucasfilm]