}
Pelecehan Seksual Pemenang Golden Globe 2018
Film

Pelecehan Seksual Pemenang Golden Globe 2018

by Yogira
Wed, 10-Jan-2018

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri menggondol 4 piala Golden Globe baru-baru ini. Karya sinema Martin McDonagh itu menjadi film drama terbaik dan berhasil menjungkalkan pesaingnya: Dunkirk, The Post, The Shape of Water, dan Call Me By Your Name. Apa penyebab utama Theee Billboards menggugah penilaian para juri Golden Globe 2018?

Dilansir dailynews.com, terkuak bahwa isu pelecehan/kekerasan seksual menjadi pemantik kemenangan film Three Billboard. Isu ini pun  memperkuat Lady Bird sebagai film terbaik dalam kategori Musical or Comedy. Lady Bird mengatasi 3 unggulan film lain, yakni: The Disaster Artist, Get Out, The Greatest Showman, dan I, Tonya.

Oprah Winfrey yang mendapatkan piala khusus Cecil B. DeMille pada ajang tersebut menyebutkan, wanita memiliki kekuatan yang inspiratif di tengah rasa takut dan ancaman adanya gangguan atau pelecehan seksual. Karena itu, dia sangat mengapreasiasi cerita-cerita yang mengangkat perjuangan wanita dalam menghadapi ancaman itu.

“Tahun ini wanita menjadi cerita, yang berpengaruh terhadap industri hiburan. Tapi, ada cerita lain di luar itu, tentang pelecehan seksual yang menimpanya. Saya bersimpati kepada semua wanita di luar sana  yang mau menceritakan  yang dialaminya ke publik. Ini jadi inspirasi kita semua,” kata Oprah.

Pesan Oprah tersebut mempertegas kekuatan film Three Billboards sebagai pemenang Golden Globe 2018. Maklum, ceritanya pun tak jauh dari persoalan kekerasan/pelecehan seksual. Kisahnya tentang perjuangan seorang single parent, bernama Mildred Hayes [Frances McDormand]. Dia jengkel atas penanganan polisi terkait kasus pemerkosaan dan pembunuhan puterinya, Angela [Kathryn Newton]. Mildred melampiaskan kejengkelannya dengan menyewa tiga papan reklame dekat rumahnya, bertuliskan sindiran keras dan protes terhadap pihak berwajib. Tak hanya itu, Mildred  melabrak siapa pun yang berani menentang tindak-tanduknya untuk mengungkap dalang pembunuhan sang puterinya itu.

Kisah dalam film Three Billboards ini seperti refleksi penyadaran terhadap industri film Hollywood, betapa wanita adalah sosok yang rentan mendapatkan perlakuan tak senonoh dari para penguasa industri hiburan di sana. Isu ini kian mengemuka pasca terkuaknya daftar kasus pelecehan seksual oleh sejumlah produser, sutradara, dan aktor. Dan yang paling menggemparkan belakangan ini adalah pelecehan seksual Harvey Weinstein terhadap beberapa artis wanita.

Nah, apakah isu pelecehan seksual pada Golden Globe 2018 akan menarik perhatian pula  penilaian para juri pada ajang Oscar 2018 pada 4 Maret nanti? Kita lihat saja perkembangannya.  [][teks yogirudiat | foto Fox Searchlight, vox.com]