}
All The Money In The World: Uang Bikin Tegang
Film

All The Money In The World: Uang Bikin Tegang

by Yogira
Thu, 18-Jan-2018

Banyak sudah film yang mengangkat persoalan uang atau bisnis. Tapi hanya sedikit, yang berdasarkan kisah nyata. Nah, film All The Money In The World adalah salah satunya. Karya sinema Ridley Scott ini mencuplikan kisah taipan ‘raksasa’ asal Amerika, J. Paul Getty, yang ingin mewariskan kekayaannya secara turun temurun, terutama pada cucunya, John Paul Getty III.

Nah, pada penggambaran film ini, J. Paul Getty [Christopher Plummer], yang sudah tua renta kecewa pada anaknya, John Paul Getty [Andrew Buchan] karena kecanduan obat terlarang. Ditambah lagi, sang cucu, John Paul Getty III [Charlie Plummer] diculik  penjahat di Italy.

Sang ibu Paul, yakni Gail Harris [Michelle Williams] jadi terlibat lebih dalam untuk penebusan anaknya itu. Sang penjahat meminta Gail untuk membayar tebusan karena tahu Paul Getty III adalah keturunan J. Paul Getty.  Namun Gail dilematis. Di sisi lain, dia sudah bercerai dengan John, tapi dia juga ingin anaknya selamat. Gail membujuk mantan mertuanya itu membayarkan tebusan untuk Paul Getty III.

Waktu terus berjalan. Kian hari, nyawa Paul Getty III kian terancam. Dengan satu alasan, kakeknya pun seolah tak peduli akan keselamatan cucunya itu. Gail kian panik. Situasi semakin tegang karena anaknya akan dibunuh kalau uang tebusan tak dipenuhi. Muncul sosok Fletcher Chase [Mark Wahlberg] orang kepercayaan, J. Paul Getty, yang bertugas sebagai mediasi antara Gail dan penculik. Namun upaya Fletcher tak berhasil juga. Lantas bagaimana caranya Paul Getty III bisa ditebus tanpa bantuan kakeknya?

Alur cerita film ini sebenarnya tentang penculikan anak remaja, cucu dari  konglomerat kaya asal Amerika. Memang ini kisah nyata. Tapi mengapa juga judulnya justru All The Money In The World?

Penulis skenarionya, David Scarpa menafsir-alihkan novel All The Money In The World karya John Pearson menjadi pengisahan filmis tentang kekuatan dan kekuasaan uang dalam segala hal. Nah, dalam film ini, objek masalahnya adalah penculikan. Ketika menonton film ini, penonton akan berhadapan dengan kesadaran pilihan: nyawa atau uang? Idealnya sih, mending selamat nyawa, uang menghilang. Tapi dalam film ini, justru itu bisa tak berlaku bagi seorang pebisnis. Nyawa bisa jadi bagian transaksi bisnis meski yang punya nyawa adalah bagian keluarganya sendiri. 

Itulah keunikan cerita film ini. Meskipun pengisahannya rumit, toh All The Money In The World memberikan pelajaran berharga, betapa berbahayanya uang dalam masalah riskan dan sensitif. Pada akhir cerita, penonton bisa tak mengira bahwa J. Paul Getty menyimpan hartanya secara cerdas demi keluarganya.

Dengan setting zaman baheula, film ini terbilang artistik. Ridley Scott mampu menyuguhkannya secara detail. Akting Michelle Williams sebagai Gail Harris dan Christopher Plummer sebagai J. Paul Getty terlihat mantap. Tak heran keduanya masuk nominasi Golden Globes 2018 untuk kategori aktris terbaik dan aktor pendukung terbaik. [][teks yogirudiat | foto Scott Free Productions]