}
Samson: Kisah Lelaki Titisan Tuhan
Film

Samson: Kisah Lelaki Titisan Tuhan

by Andiska
Thu, 08-Mar-2018

Tak terasa Samson and Delilah [1949] yang disutradarai Cecil B. DeMille sudah berumur 69 tahun. Kali ini film Samson diproduksi kembali oleh Pure Flix Entertainment dan jatuh di tangan Bruce Macdonald sebagai sutradaranya. 

Film Samson versi kekinian memang tak berubah banyak karena masih berpegang pada inti cerita sesuai dengan sejarah sang tokoh utama yang merupakan seorang Narazi atau titisan Tuhan yang diambil dari Alkitab. 

Walaupun film ini merupakan pembaharuan dari film Samson sebelumnya, setting yang dibuat dalam film ini terlihat cukup serius meski dari sisi budget tidaklah besar. Dengan US$4 juta terlihat Israel dalam bentuk CGI dan beberapa landscape hutan, gurun, dan tebing batu dengan tampilan yang baik dan bisa memanjakan mata penontonnya.

Postur tubuh Samson lebih besar daripada Victor Mature yang dulunya berperan dalam Samson and Delilah, bahkan karakternya tidak sekonyol Samson versi lokal oleh Benyamin Sueb. Taylor James yang memerankan Samson dengan karakter cukup serius. Ia juga digambarkan sebagai seorang laki-laki yang rendah hati dan mudah jatuh cinta. 

Samson berasal dari bangsa Ibrani [Bani Israil] yang memiliki kekuataan luar biasa lewat sekali permohonan kepada Tuhannya. Dengan segala kerendahan hatinya ia berdoa dan meminta kekuatan Tuhan untuk membantu kaumnya yang tertindas. 

Awalnya, Samson mencintai seorang budak Filistin bernama Taren. Naasnya, kisah cintanya berujung tragis akibat ulah Pangeran Filistin bernama Rallah yang tidak merestui perjodohan tersebut. Rallah menganggap jika Samson yang sangat kuat menikah dengan salah satu kaumnya, dirinya akan terancam dan tidak bisa menjadi penguasa di Filistin. Kemudian Rallah juga menyuruh Delilah untuk menaklukan hati Samson sebagai siasat untuk menjatuhkan. 

Karena cinta, Samson berakhir menjadi tahanan kaum Filistin dengan kekuatan yang sudah dicabut akibat pelanggaran-pelanggaran yang ia lakukan karena tipu daya Delilah. Dalam cerita, segala keputusan yang diambil oleh Samson justru menjadi konflik untuk cerita selanjutnya.

Di tambah sosok Rallah yang diperankan Jackson Rathbone sengaja muncul sebagai tokoh pendendam yang iri setengah mati terhadap Samson. Meskipun Rallah bukan karakter  orisinal, tapi perannya sangat penting dan menambah keseruan film ini.

Sayangnya, tokoh Delilah menjadi lebih sedikit porsinya dan unsur cinta-cintaan hanya menjadi bumbu dari sekian banyak konflik yang berujung dengan ketegangan aksi penindasan bangsa Filistin terhadap Ibrani.

Pada akhir film, ada bagian yang sangat menarik. Diceritakan sekilas sosok Nabi Daud yang menjadi raja pertama bangsa Ibrani setelah beberapa tahun cerita tentang Samson berakhir.

Commuters yang tertarik untuk melihat sosok dalam sejarah yang dibuat dalam versi kekinian. Kamu bisa nonton Samson di Cinemaxx/CGV yaaa.. [][teks @andiska & @pohanpow | foto PR]