}
Tomb Raider: Lara Croft 'Rasa' Baru
Film

Tomb Raider: Lara Croft 'Rasa' Baru

by Yogira
Thu, 08-Mar-2018

Banyak moviegoers menilai bahwa adaptasi video game Tomb Raider ke layar lebar masih  berkualitas versi yang diperankan Angelina Jolie [2001 dan 2003]. Jolie dianggap paling tepat memerankan Lara Croft. Nah, ketika nama Alicia Vikander muncul sebagai Lara Croft pada Tomb Raider terbaru, apakah itu bisa memuaskan penonton?

Kemunculan Lara Croft ‘rasa baru' melalui aktris Alicia Vikander sebenarnya kondisinya bisa sama ketika karakter Batman besutan Christopher Nolan pertama kalinya dengan titel Batman Begins. Seolah ada penyegaran historis, yang justru membuahkan keintiman pada sang Batman. Maka, Batman Begins jadi salah satu film keren pada era millennia ini. Mampuhkah penokohan Lara Croft versi Alicia Vikander akan mendulang sukses juga seperti Batman Begins? Kita lihat saja nanti.

Tomb Raider garapan Roar Uthaug menggiring penonton pada awal karier Lara Croft sebagai petualang arkeologi. Dalam film tersebut, Lara memulai kariernya sebagai kurir di London. Ayahnya, Richard Croft [Dominic West], menghilang secara misterius dan dinyatakan meninggal. Tapi Lara tak percaya. Ia sangat penasaran untuk mengungkap keberadaan ayahnya. Ketika menemukan petunjuk di kantor rahasia ayahnya, Lara berniat ke Pulau Yamatai, yang menyimpan makam keramat berisi mumi bangsawan Jepang, bernama Himiko.

Sampai di Hong Kong, Lara menyewa kapal pemilik pelaut mabuk Lu Ren [Daniel Wu] menuju pulau misterius itu. Namun ketika sampai di pulau dengan keadaan luka berat, Lara malah bertemu Mathias Vogel [Walton Goggins], penjahat saingan ayahnya, yang ingin membawa mumi Himiko. Pertarungan keduanya terjadi. Adu tembak tak terelakan. Anak buah Vogel terus memburu Lara. Ketegangan psikologis berlanjut hingga pada peristiwa menakutkan di makam Himiko. Bagaimana Lara keluar dari pulau maut itu? Bagaimana pula dia memecahkan kode-kode rahasia agar bisa membuka makam berbahaya itu?  

Tomb Raider terkini ini terasa lebih menyegarkan dari sisi penokohan utama Lara Croft. Pilihan terhadap Alicia Vikander sebagai Lara Croft sangatlah tepat. Dengan paras cantik, plus terlihat innocent seolah pemeranan Alicia mendobrak kepakeman Lara Croft yang diperankan Angelina Jolie. Lara Croft sekarang lebih manusiawi. Wajahnya melankolis dan bisa memancing rasa kuatir penonton. Berbeda dengan versi Angelina Jolie, yang karakternya tampak terlalu jago, seksi, dan tanpa rasa takut.

Meskipun adegan-adegan action dan petulangannya terlihat standar, toh ada satu adegan yang justru terlihat indah sekaligus menegangkan, yakni ketika Lara Croft tersangkut pada bangkai pesawat di jeram curam. Sungguh ini adegan yang tidak murahan.

Nah, kamu penyuka karakter Lara Croft berikut petulangannya, seri pertama ini boleh lah jadi pembuka, atau setidaknya jadi pemanasan untuk seri berikutnya dengan aktris utama yang sama, Alicia Vikander. Kita tunggu saja. [][teks yogirudiat | foto Metro-Goldwyn-Mayer]