}
Early Man: Sepakbola Purba
Film

Early Man: Sepakbola Purba

by Andiska
Tue, 13-Mar-2018

Setelah berhasil sukses di beberapa film yang mengandalkan tokoh kreasinya yaitu Wallace and Gromit, Nick Park kembali membuat clay animation bertajuk Early Man. Film animasi yang bercerita tentang kehidupan manusia jaman batu akan mengisi deretan film yang akan tayang di Cinemaxx dan CGV Maret ini.

Kisah manusia purba memang sudah diangkat dalam beberapa film animasi seperti Flinstone dan Croods. Tetapi, Early Man mengangkat sebuah cerita yang unik, sejarah sepakbola. Dalam film ini diceritakan bagaimana awal mula manusia jaman batu menemukan permainan sepakbola. 

Bermula dari temuan potongan asteroid yang terlalu panas untuk disentuh, para pria zaman batu mulai menendang-nendang potongan asteroid dan menemukan bentukan permainan sepakbola yang masih kasar, tanpa peraturan.

Bertahun-tahun kemudian, hiduplah Dug dan kelompoknya di desa yang tidak tersentuh perkembangan peradaban kota masih hidup seperti manusia zaman batu. Kemudian desa tersebut diusik oleh pimpinan angkatan perunggu bernama Lord Nooth yang tidak pernah puas dengan kehidupan kaya-rayanya di perkotaan, Lord Nooth mencoba menguasai desa tempat Dug dan teman-temannya tinggal. 

Dengan serakah dan keji, Lord Nooth mengambil seluruh kekayaan tambang dan mengusir semua penduduk desa dan berkata bahwa kehidupan zaman batu sudah punah dan mereka hanya boleh tinggal di tanah tandus dekat pegunungan berapi. Demi membela sukunya, Dug menantang tim elit pesepakbola kota yang terkenal untuk pertandingan. Dengan sebuah perjanjian untuk mengembalikan desanya jika Dug dan teman-temannya memenangkan pertandingan.

Nick Park membuat Early Man bersama Aardman dengan teknik 3D stop motion clay animation dengan biaya sebesar USD 50 juta. Animasi berdurasi 89 menit ini juga sangat menarik karena setiap tokoh di dalamnya memiliki karakter berbeda dengan gestur dan ekspresi yang memperkuat karakternya. Pokoknya keren deh, Commuters. 

Di tengah perjuangannya, Dug sempat kewalahan untuk melatih teman-temannya, hingga ia bertemu wanita penduduk kota bernama Goona yang bersedia menjadi pelatih tim dan membantunya. Walaupu sempat putus asa, Dug dan tim bangkit dan menunjukkan kebolehannya di depan tim lawan. Commuters bisa langsung nonton filmnya kalau mau tau ending-nya.

Tom Hiddleston, Maisie Williams, Eddie Redmayne, Mark Williams, Richard Ayoade, Timothy Spall, Johnny Vegas, Selina Griffiths, Simon Greenall, dan Gina Yashere adalah sejumlah aktor dan aktris ternama hollywood yang mengisi suara pada tiap karakter pada film kartun Early Man ini.

Film ini juga bisa dinikmati semua usia, selain cerita dan karakternya yang menarik, Early Man juga kaya akan pesan-pesan yang bisa dipetik seperti pentingnya pantang menyerah demi mendapatkan apa yang kita inginkan dan kepercayaan bisa mempersatukan dan membentuk sebuah tim yang solid. 

Commuters bisa nih ajak adik-adik kecil buat nonton animasi karya Nick Park ini. Filmnya sudah ada di Cinemaxx dan CGV yaa. [][teks @andiskaraf | foto Aardman Animation]